PERLINDUNGAN HUKUM BAGI DEBITOR DALAM PELAKSANAAN EKSEKUSI JAMINAN FIDUSIA (Studi Pelaksanaan Eksekusi Di Koperasi Kenanga Mandiri Godong Purwodadi)

RIZKY WIRA, ANDYAGUNA and Mochammad , Dja’is (2017) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI DEBITOR DALAM PELAKSANAAN EKSEKUSI JAMINAN FIDUSIA (Studi Pelaksanaan Eksekusi Di Koperasi Kenanga Mandiri Godong Purwodadi). Masters thesis, Fakultas Hukum UNDIP.

[img]Archive (ZIP) - Published Version
Restricted to Registered users only

5Mb

Abstract

Dalam perjanjian kredit dengan koperasi kenanga mandiri godong purwodadi (koperasi) debitor dalam keadaan lemah. Tujuan penelitian mengetahui perlindungan hukum bagi debitur, hambatan – hambatan dan cara mengatasinya, dalam pelaksannan eksekusi jaminan di koperasi, metode pendekatan social-legal, norma-norma hukum yg diperoleh melalui studi pustaka (libray riset) dengan alat pengumpul kajian dokumen (dokumen riview), data tentang pelaksanaan daam perjanjian kredit diperoleh dari koperasi melalui studi lapangan (field riset) dengan alat pengumpul wawancara (interview) berdasarkan analisis kualitatif diketahui: Perlindungan Hukum Bagi Debitor Dalam Pelaksanaan Eksekusi Jaminan Di Koperasi Kenanga Mandiri Godong, Purwodadi adalah ada dua cara penyelesaian yang ditempuh yaitu melalui negosiasi. Kedua, melalui eksekusi. Hambatan-hambatan dalam melakukan eksekusi adalah debitor tidak menyerahkan jaminan kepada pihak koperasi atau negoisasi tidak membuahkan hasil.,dan cara mengatasinya adalah koperasi akan melaporkan kepada polisi agar pihak debitor mau menyerahkan jaminannya kepada koperasi .Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah akta yang digunakan pada Koperasi sebaiknya membuat perjanjian fidusia sesuai ketantuan UU nomer 42 tahun 1999.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Perlindungan hukum debitor, eksekusi, jaminan fidusia.
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:70315
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:04 Mar 2019 09:51
Last Modified:04 Mar 2019 09:51

Repository Staff Only: item control page