IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN PENGENDALIAN INTERNAL PADA KOPERASI (Studi pada Koperasi Sehati Bekasi)

RIANI DEVI , WIRASWATI and Etty , Susilowati (2017) IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN PENGENDALIAN INTERNAL PADA KOPERASI (Studi pada Koperasi Sehati Bekasi). Masters thesis, Fakultas Hukum UNDIP.

[img]Archive (ZIP) - Published Version
Restricted to Registered users only

1044Kb

Abstract

Koperasi merupakan organisasi yang bergerak dibidang ekonomi yang selama ini dalam kegiatannya selalu berlandaskan asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi yang merupakan salah satu lembaga keuangan bukan bank. Good Corporate Governance merupakan salah satu elemen kunci dalam meningkatkan efisiensi ekonomi yang meliputi serangkaian hubungan antara manajer koperasi, pengurus koperasi, pengawas koperasi, para pemilik modal dan para anggota lainnya. Good Corporate Governance juga memberikan suatu struktur yang memfasilitasi suatu penentuan sasaran-sasaran dari suatu koperasi dan sebagai sarana untuk menentukan teknik monitoring kerja. Good Corporate Governance tidak hanya dibutuhkan oleh perusahaan semata, tapi juga dibutuhkan oleh semua organisasi yang mempunyai visi dan misi yang jelas, dan memiliki cita-cita dalam eksistensinya dalam jangka panjang kedepan, terutama organisasi yang sudah berbadan hukum salah satunya adalah koperasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode yuridis empiris. Dalam pendekatan yuridis empiris, hokum sebagai law in action, dideskripsikan sebagai gejala sosial yang empiri, kemudian dianalisa dengan deskriptif kualitatif dengan cara memaparkan semua data baik yang berupa data primer maupun data sekunder yang telah diperoleh, berdasarkan teori dan peraturan yang berlaku dan akhirnya dibentuk suatu kesimpulan. Implementasi prinsip-prinsip Good Corporate Governance dan pengendalian internal pada koperasi dapat terlaksana dengan adanya kerjasama seluruh struktur organisasi koperasi dalam menjalankan hak dan kewajiban masing-masing secara maksimal sesuai dengan ketentuan yang nantinya akan membentuk keseimbangan dalam suatu kinerja koperasi. Penerapan sistem pengendalian internal adalah alat pengendali yang digunakan agar dapat tercapai ketertiban dalam mematuhi peraturan dan untuk terciptanya penerapan prinsip- prinsip Good Corporate Governance sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Good Corporate Governance, Koperasi
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:70305
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:04 Mar 2019 09:17
Last Modified:04 Mar 2019 09:17

Repository Staff Only: item control page