PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DALAM HAL TERDAPAT PEMBATASAN-PEMBATASAN TANGGUNG JAWAB (KLAUSULA EKSONERASI) DALAM PERJANJIAN SEWA MENYEWA MOBIL

RANTI , ARUM PRATIWI and Bambang , Eko Turisno (2017) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DALAM HAL TERDAPAT PEMBATASAN-PEMBATASAN TANGGUNG JAWAB (KLAUSULA EKSONERASI) DALAM PERJANJIAN SEWA MENYEWA MOBIL. Masters thesis, Fakultas Hukum UNDIP.

[img]Archive (ZIP) - Published Version
Restricted to Registered users only

2074Kb

Abstract

Perjanjian sewa menyewa mobil pada umumnya adalah perjanjian konsensual yang artinya mengikat pada detik tercapainya kata sepakat mengenai unsur-unsur pokok yaitu barang dan harga. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah apa sajakah klausula eksonerasi dalam perjanjian sewa menyewa mobil serta yang mendasari pihak kreditor menuangkan klausula eksonerasi dalam perjanjian serta bagaimana bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen dalam hal terdapat klausula eksonerasi pada perjanjian sewa menyewa mobil di Auto Rent Car. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan yuridis empiris yang bersumber dari pengumpulan data yang diperoleh dari data primer dan data sekunder, kemudian dianalisis dengan metode analisis kualitatif. Hasil penelitian ini pada akhirnya memberikan jawaban bahwa klausula-klausula eksonerasi dalam perjanjian sewa menyewa mobil serta apa yang mendasari pihak kreditor menuangkan klausula mengenai pembatasan- pembatasan dalam perjanjian sewa menyewa mobil adalah karena untuk melindungi apa yang menjadi objek sewa menyewa yang dalam hal ini adalah mobil sewaan agar terhindar dari resiko kerusakan dan kehilangan, terkait bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen dalam hal terdapat klausula eksonerasi pada perjanjian sewa menyewa mobil di Auto Rent Car adalah konsumen dapat mengadukan keluhannya kepada Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) dengan 3 (tiga) tahap, yaitu tahap pengaduan, administrasi data serta penyelesaiannya baik secara non litigasi (mediasi) maupun litigasi jika tidak terjadi kesepakatan (deadlock) antara kedua belah pihak yang bersengketa. Saran dari penelitian ini adalah kepada konsumen hendaknya lebih memahami dahulu standard contract yang ditawarkan pihak penyewa mobil dalam perjanjian sewa menyewa mobil serta perlu dilakukan suatu pengawasan yang berkelanjutan terhadap keberadaan klausula baku.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Perlindungan Hukum, Konsumen, Klausula Eksonerasi dan Perjanjian Sewa Menyewa
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:70299
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:04 Mar 2019 09:00
Last Modified:04 Mar 2019 09:00

Repository Staff Only: item control page