ANALISIS YURIDIS PUTUSAN PENGADILAN NEGERI MALANG DALAM UPAYA PENYELESAIAN PENYALAHGUNAAN JAMINAN GADAI EMAS PT BANK BNI SYARIAH CABANG MALANG (Studi Kasus Putusan Nomor 70/Pdt.G/2016/PN.Mlg)

PRATAMA, ADHITYA YOGA and Suharto, R. and Setyowati, Ro'fah (2018) ANALISIS YURIDIS PUTUSAN PENGADILAN NEGERI MALANG DALAM UPAYA PENYELESAIAN PENYALAHGUNAAN JAMINAN GADAI EMAS PT BANK BNI SYARIAH CABANG MALANG (Studi Kasus Putusan Nomor 70/Pdt.G/2016/PN.Mlg). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai analisa putusan Putusan Nomor 70/Pdt.G/2016/PN.Mlg mengenai karyawan pada PT BNI Syariah cabang Mlang dengan jabatan Head Costumer Service melakukan perbuatan melawan hukum, dengan menyalahgunakan jaminan gadai emas syariah. Emas yang dijaminkan yang sudah disetujui oleh pihak BNI Syariah sebgai barang jaminan ditukar oleh Ratna Kusuma Hendrayani dengan emas palsu.Metode pendekatan yang digunakan dalam penyusunan penulisan hukum ini adalah pendekatan yuridis normatif. Spesifikasi penelitian ini adalah deskriptif analistis. Jenis data yang dipakai dalam penulisan hukum ini adalah data sekunder, metode pengumpulan data yang digunkaan adalah kepustakaan didukung dengan wawancara.Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya kasus tersebut tidak lepas dari beberpaa bagian karyawan yang juga terlibat namun tidak diperiksa dan tidak adanya tugeran atau sanksi yang diberikan untuk BNI Syariah cabang Malang oleh OJK. Penulis juga menganalisis bagaimana pihak BNI Syariah bertanggung jawab atas kerugian nasabah yang dirugikan. Tanggung jawab tersebut dilakukan melalui proses musyawarah mencapai mufakat dengan keputusan pihak BNI Syariah cabang Malang yang diwakili oleh pengacara setuju mengganti rugi jaminan emas yang disalahgunakan oleh Ratna Kusuma Hendrayani dengan taksiran pertama pengajuan gadai emas yang dituangkan dalam akad.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:Faculty of Law > Department of Law
ID Code:70291
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:04 Mar 2019 08:31
Last Modified:04 Mar 2019 08:31

Repository Staff Only: item control page