ANALISIS YURIDIS TEKNIK PEMBELIAN TERSELUBUNG DALAM TINDAK PIDANA NARKOTIKA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NO. 35 TAHUN 2009 TENTANG NARKOTIKA (STUDI KASUS DI POLDA JAWA TENGAH)

PAMBUDI, RILO DJAYA and Soponyono, Eko and Rochaeti, Nur (2018) ANALISIS YURIDIS TEKNIK PEMBELIAN TERSELUBUNG DALAM TINDAK PIDANA NARKOTIKA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NO. 35 TAHUN 2009 TENTANG NARKOTIKA (STUDI KASUS DI POLDA JAWA TENGAH). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penyalahgunaan narkotika tidak lagi merupakan kejahatan tanpa korban (victimless crime), melainkan sudah merupakan kejahatan yang banyak memakan korban dan bencana berkepanjangan untuk seluruh umat manusia di dunia. Dalam tindak pidana narkotika tersebut, harus dilakukan pengawasan dan pengendalian untuk menanggulangi penyalahgunaan narkotika di Indonesia. Berdasarkan Undang-Undang No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika aparat penegak hukum yang berwenang melakukan penyelidikan dan penyidikan dalam tindak pidana narkotika yaitu salah satunya Kepolisian Republik Indonesia. Salah satu kewenangan penyidikan yang diberikan kepada Kepolisian RI adalah melakukan teknik pembelian terselubung (undercover buy) yang telah diatur dalam Undang-Undang Narkotika.Dalam penulisan hukum kali ini, akan membahas mengenai kebijakan formulasi tentang tindak pidana narkotika di Indonesia, kemudian membahas mengenai kajian yuridis teknik pembelian terselubung dalam tindak pidana narkotika berdasarkan Undang-Undang No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika di Polda Jawa Tengah. Dalam penulisan hukum ini, penulis menggunakan metode pendekatan Yuridis-Normatif,dengan spesifikasi penelitian deskriptif-analitis. Data yang didapat bersifat primer, yaitu data yang diperoleh langsung dari lapangan, dan bersifat sekunder, yaitu data yang diperoleh dari studi kepustakaan. Data tersebut kemudian diolah secara kualitatif. Hasil penelitian mengenai kebijakan formulasi tentang tindak pidana narkotika di Indonesia saat ini diatur dalam Undang-Undang No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, serta ketentuan peraturan hukum positif lainnya yang telah yang mengatur masalah narkotika. Analisis yuridis mengenai teknik pembelian terselubung (undercover buy) berdasarkan Undang-Undang Narkotika pada salah satu contoh kasus di Polda Jawa Tengah, pihak penyidik telah menerapkan teknik pembelian terselubung dalam proses penangkapan Rois Atanto (tersangka), namun dalam pelaksanaannya penggunaan Informan masih dilibatkan dalam proses penangkapan yang dimana tahap tersebut sudah termasuk dalam tahap penyelidikan. Penggunaan Informan dilakukan apabila telah mendapat izin dari atasan untuk keamanan Informan di kemudian hari.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:Faculty of Law > Department of Law
ID Code:70285
Deposited By:Ms Fahim FH
Deposited On:04 Mar 2019 08:14
Last Modified:04 Mar 2019 08:14

Repository Staff Only: item control page