IMPLIKASI DECREE NO.116/2017/ND-CP TERHADAP EKSPOR KENDARAAN BERMOTOR ASAL INDONESIA KE VIETNAM DALAM PRESPEKTIF GATT/WTO

Prasetyo, Robert Darmawan and Priyono, FX. Joko and Trihastuti, Nanik (2018) IMPLIKASI DECREE NO.116/2017/ND-CP TERHADAP EKSPOR KENDARAAN BERMOTOR ASAL INDONESIA KE VIETNAM DALAM PRESPEKTIF GATT/WTO. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Decree No.116/2017/ND-CP merupakan peraturan pemerintah Vietnam tentang persyaratan untuk pembuatan, perakitan dan impor kendaraan bermotor serta perdagangan dalam jaminan kendaraan bermotor dan jasa pemeliharaan. Decree No.116/2017/ND-CP ini mulai di terbitkan pada 17 Oktober 2017 dan berlaku mulai tanggal 1 Januari 2018. Permasalahan yang diteliti dalam penulisan hukum ini berkaitan dengan implikasi yang terjadi dari Decree No.116/2017/ND-CP terhadap ekspor kendaraan bermotor asal Indonesia ke Vietnam dalam prespektif GATT/WTO. Dalam menyusun penelitian ini, metode yang digunakan yaitu yuridis normatif dengan analisis kualitatif. Spesifikasi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif preskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang meliputi bahan hukum primer, sekunder, dan tersier yaitu bahan perjanjian, peraturan perundang-undangan, bahan pustaka, dan artikel dari internet. ImplementasiDecree No.116/2017/ND-CP tidak melanggar ketentuan GATT/WTO. Dalam Artikel XX (pengecualian umum) memperbolehkan pembatasan demi melindungi kesehatan atau kehidupan manusia, hewan dan tanaman. Selain itu terjadi juga penerapan safeguard yang sesuai dengan Artikel XIX serta diatur juga melalui Safeguard Agreements yang dibuktikan dengan data kenaikan impor kendaraan bermotor yang masuk kewilayah Vietnam. Meskipun tidak melanggar ketentuan GATT/WTO, Decree No.116/2017/ND-CP pada Pasal 6 ayat (2) huruf a merupakan hambatan perdagangan non-tarif sesuai dengan TBT Agreement yang termasuk dalam regulasi teknis bagi pengekspor kendaraan bermotor terutama Indonesia. Penyelesaian yang dilakukan oleh Indonesia dan Vietnam melalui Dispute Settlement Understanding (DSU).

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:Faculty of Law > Department of Law
ID Code:70260
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:01 Mar 2019 09:39
Last Modified:01 Mar 2019 09:39

Repository Staff Only: item control page