SERTPIKASI MASSAL SWADAYA HAK ATAS TANAH YANG DIFASILITASI OLEH BANK RAKYAT INDONESIA UNIT PARANG DALAM RANGKA MENJAMIN KEPASTIAN HUKUM HAK ATAS TANAH (Studi Pelaksanaan Sertipikasi Tanah Sporadik Di Desa Ngaglik Kecamatan Parang Kabupaten Magetan Jawa Timur)

HERI, ISMIATI and Widhi , Handoko (2017) SERTPIKASI MASSAL SWADAYA HAK ATAS TANAH YANG DIFASILITASI OLEH BANK RAKYAT INDONESIA UNIT PARANG DALAM RANGKA MENJAMIN KEPASTIAN HUKUM HAK ATAS TANAH (Studi Pelaksanaan Sertipikasi Tanah Sporadik Di Desa Ngaglik Kecamatan Parang Kabupaten Magetan Jawa Timur). Masters thesis, Fakultas Hukum UNDIP.

[img]Archive (ZIP) - Published Version
Restricted to Registered users only

2365Kb

Abstract

Sertipikat tanah mempunyai arti dan peranan penting bagi masyarakat, sertipikasi massal swadaya (SMS) di Kabupaten Magetan belum mewujudkan nilai kemanfaatan, nilai kepastian hukum dan nilai keadilan, berdasarkan uraian tersebut maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian ini. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah mengapa BRI unit Parang memfasilitasi sertipikasi massal swadaya hak atas tanah serta bagaimana proses pelaksanaan sistem pendaftaran tanah sporadik di Desa Ngaglik Kecamatan Parang Kabupaten Magetan yang di biayai oleh BRI Unit Parang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan socio-legal research yang bersumber dari pengumpulan data yang diperoleh dari data primer dan data sekunder, kemudian dianalisis dengan metode analisis kualitatif. Hasil penelitian ini pada akhirnya memberikan jawaban bahwa Bank BRI Kabupaten Magetan memfasilitasi program Sertipikat Massal Swadaya dikarenakan faktor profit sebagai tujuan perbankan, sehingga belum menimbulkan nilai keadilan, kemanfaatan dan kepastian hukum terhadap SMS, selain itu pelaksanaan SMS sesuai dengan sistem pendaftaran tanah sporadik Kabupaten Magetan yang adalah: a) Persiapan dan penyuluhan di desa sampel; b) Persiapan berkas dokumen pendaftaran oleh masyarakat; c) Pengukuran data fisik; d) Sidang di tempat; e) Proses di kantor pertanahan Kabupaten Magetan. Saran dari penelitian ini adalah kepada Badan Pertanahan Nasional diharapkan dapat mengawasi hubungan hukum oleh pihak Bank dan masyarakat dalam pelaksanaannya, sehingga diharapkan program Sertipikat Massal Swadaya dapat digulirkan kembali demi terwujudnya kesejahteraan rakyat.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Sertipikat Massal Swadaya (SMS) dan Hak Atas Tanah.
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:70141
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:27 Feb 2019 14:35
Last Modified:27 Feb 2019 14:35

Repository Staff Only: item control page