KEPASTIAN HUKUM PENDAFTARAN JAMINAN FIDUSIA SECARA ELEKTRONIK DALAM HAL DOMISILI PEMBERI FIDUSIA TIDAK SESUAI DENGAN IDENTITAS ASLI

Theresia , Caroline and Siti Malikatun , Badriyah (2016) KEPASTIAN HUKUM PENDAFTARAN JAMINAN FIDUSIA SECARA ELEKTRONIK DALAM HAL DOMISILI PEMBERI FIDUSIA TIDAK SESUAI DENGAN IDENTITAS ASLI. Masters thesis, Fakultas Hukum UNDIP.

[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

1510Kb

Abstract

Fungsi jaminan fidusia secara yuridis adalah untuk kepastian hukum pelunasan hutang di dalam perjanjian kredit. Kini pendaftaran jaminan fidusia dapat dilakukan secara online. Meskipun didaftarkan secara online,tetap dimungkinkan adanya perbedaan data sebenarnya dengan data yang didaftarkan karena petugas / pegawai tidak bisa melihat secara langsung apakah pada saat mendaftarkan telah sesuai dengan identitas aslinya. Hal ini memungkinkan pemberi fidusia tidak mencantumkan identitas sesuai dengan aslinya. Dengan adanya hal tersebut pemberi fidusia dimungkinkan dapat melakukan wanprestasi. Rumusan Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana kepastian hukum pendaftaran jaminan fidusia secara elektronik dalam hal domisili pemberi fidusia tidak sesuai dengan identitas asli 2) Bagaimana perlindungan hukum bagi penerima fidusia dalam hal debitor wanprestasi. Metode dalam penulisan tesis ini menggunakan pendekatan yuridis empiris yang digunakan untuk meneliti bahan hukum dan data pustaka untuk di cocokkan dengan fakta yang ada di lapangan, spesifikasi penelitiannya bersifat deskriptif analisis, serta teknik analisis data menggunakan teknik analisis data menggunakan metode induktif yaitu dari data yang diperoleh dari lapangan kemudian dilakukan analisis untuk menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat diketahui bahwa 1) Kepastian hukum pendaftaran jaminan fidusia secara elektronik dalam hal domisili pemberi fidusia tidak sesuai dengan identitas asli sangat merugikan pihak bank/finance jika wanprestasi dilakukan oleh debitor. Oleh karena itu guna mengantisipasi terjadinya kasus tersebut di kemudian hari, maka pihak bank/finance meminta persyaratan tambahan kepada calon debitor surat pengantar RT/RW, sehingga apabila calon debitor melarikan diri atau pindah domisili dapat ditanyakan kepada pihak RT/RW setempat. 2) Perlindungan hukum bagi penerima fidusia dalam hal debitor wanprestasi, Pemberi Fidusia dapat memilih melalui pengadilan atau diluar pengadilan. Bilamana hasil eksekusi melebihi nilai jaminan, Pemberi Fidusia berhak untuk meminta kelebihan tersebut kepada Penerima Fidusia. Saran yang diberikan yaitu perlunya peningkatan kinerja notaris. Pihak finance dalam memberikan kredit lebih teliti. Pemerintah juga melakukan sinkronisasi e-KTP pada pendaftaran jaminan fidusia secara online.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Kepastian Hukum, Jaminan Fidusia, Secara Elektronik, Domisili, Identitas Asli
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:70040
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:26 Feb 2019 13:38
Last Modified:26 Feb 2019 13:38

Repository Staff Only: item control page