PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP DESAIN SANDAL KELOM GEULIS BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 31 TAHUN 2000 TENTANG DESAIN INDUSTRI (Studi Tetang Potensi Sandal Kelom Geulis Di Kota Tasikmalaya Jawa Barat)

Seni Sukaeni , Arfen Sopyan and Budi , Santoso (2016) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP DESAIN SANDAL KELOM GEULIS BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 31 TAHUN 2000 TENTANG DESAIN INDUSTRI (Studi Tetang Potensi Sandal Kelom Geulis Di Kota Tasikmalaya Jawa Barat). Masters thesis, Fakultas Hukum UNDIP.

[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

2429Kb

Abstract

Undang-undang Nomor 31 Tahun 2000 tentang Desain Industri, telah ditetapkan untuk melindungi seluruh Desain Industri termasuk Desain Industri kerajinan tangan, sehingga dapat merangsang aktivitas kreatif para pendesain dalam menciptakan desain baru sekaligus memberikan perlindungan hukum dari berbagai pelanggaran hak desain industri. Kelom Geulis adalah jenis sandal kayu warisan budaya Bangsa Indonesia khususnya di Kota Tasikmalaya. Desain sandal kelom geulis merupakan kekayaan intelektual, bidang desain industri, khususnya desain kerajinan tangan. Sandal kelom geulis sudah menjadi produk nasional yang dikenal di mancanegara. Melalui upaya pelestarian dan perlindungan hukum diharapkan Desain sandal kelom geulis tidak musnah atau diambil alih pihak lain atau Negara lain yang tidak mempunyai hak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis upaya pemerintah Kota Tasikmalaya dalam memberikan perlindungan hukum terhadap sandal kelom geulis dan kendala yang dihadapi dalam memberikan perlindungan hukum terhadap sandal kelom geulis. Metode pendekatan yang digunakan dalam penulisan tesis ini adalah yuridis empiris. Spesifikasi penelitian deskriptif analitis, yakni untuk memberikan gambaran secara rinci, sistematis dan menyeluruh mengenai objek yang menjadi pokok permasalahan. Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil bahwa, Upaya Pemerintah Kota Tasikmalaya dalam perlindungan hukum desain sandal kelom geulis yakni dengan cara: memberikan sosialisi, bantuan layanan informasi dan konsultasi mengenai perlindungan hukum desain industri. Kendala yang dihadapi dalam memberikan perlindungan hukum desain sandal kelom geulis, kendala internalnya yakni pendesain sandal kelom geulis belum ada yang mendaftarkan desain industrinya, kendala eksternalnya yakni Kurangnya sosialisasi dari pemerintah Kota Tasikmalaya tentang perlindungan hukum desain industri sehingga berpengaruh terhadap kurangnya pemahaman dan kesadaran pendesain terhadap pentingnya perlindungan hukum desain sandal kelom geulis, sehingga efektifitas perlindungan hukum belum bisa terealisasikan, karena Undang-undang nomor 31 Tahun 2000 tentang Desain industri hanya melindungi desain terdaftar (registered designs). oleh karenanya perlu adanya peran aktif dari semua pihak yang berkompeten, untuk mendorong terciptanya kesadaran pentingnya perlindungan hukum terhadap desain sandal kelom geulis.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Perlindungan Hukum, Desain Industri, Sandal Kelom Geulis, Kota Tasikmalaya.
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:69990
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:26 Feb 2019 10:52
Last Modified:26 Feb 2019 10:52

Repository Staff Only: item control page