PERLINDUNGAN HUKUM PADA MEREK TERKENAL ASING KAITANNYA DENGAN PENDAFTARAN MEREK YANG SAMA DI NEGARA LAIN (Studi Pada Merek Teenie Weenie)

RENI , DEWAYANI and NANIK , TRIHASTUTI (2016) PERLINDUNGAN HUKUM PADA MEREK TERKENAL ASING KAITANNYA DENGAN PENDAFTARAN MEREK YANG SAMA DI NEGARA LAIN (Studi Pada Merek Teenie Weenie). Masters thesis, Fakultas Hukum UNDIP.

[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

1058Kb

Abstract

Merek sebagai salah satu wujud karya intelektual, memiliki peranan penting bagi kelancaran dan peningkatan perdagangan barang atau jasa dalam kegiatan perdagangan dan investasi. Merek (dengan brand image-nya) dapat memenuhi kebutuhan konsumen akan tanda pengenal atau daya pembeda yang teramat penting dan merupakan jaminan kualitas produk atau jasa dalam suasana perdagangan bebas. Merek memiliki kemampuan sebagai tanda yang dapat membedakan hasil perusahaan yang satu dengan perusahaan yang lain, terutama untuk barang/jasa yang sejenis. Fungsi merek tidak hanya sekedar untuk membedakan suatu produk dengan produk yang lain, melainkan juga berfungsi sebagai asset perusahaan yang tidak ternilai harganya, khususnya untuk merek-merek yang berpredikat terkenal (well-known marks). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis perlindungan hukum bagi merek terkenal asing kaitannya dengan negara lain dan untuk mengkaji dan menganalisis akibat hukum bagi pemilik merek terkenal yang telah terdaftar. Metode penelitian adalah yuridis normatif dengan spesifikasi penelitian berupa deskriptif analitis. Sumber penelitian berupa data sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui kepustakaan. Analisis data dilakukan secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa Hukum Indonesia memberikan perlindungan bagi merek terkenal asing selama merek asing tersebut didaftarkan pada Direktorat Jenderal Merek. Namun, tidak semua merek asing yang didaftarkan akan mendapatkan perlindungan, salah satunya karena kata-kata yang digunakan dalam merek tergolong umum. Akibat hukum bagi pemilik merek terkenal yang telah terdaftar akan mendapat perlindungan terutama dari tindakan yang dilandasi oleh “itikad tidak baik” dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan dengan membonceng keterkenalan suatu merek. Perlindungan hukum terhadap merek akan memberikan kepastian hukum bagi investor, karena dengan adanya perlindungan terhadap merek maka akan menjamin kegiatan perekonomian yang dilakukan di Indonesia.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Perlindungan Hukum, Merek Terkenal Asing, Pendaftaran Merek
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:69962
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:26 Feb 2019 10:00
Last Modified:26 Feb 2019 10:00

Repository Staff Only: item control page