UPAYA PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM HAL TERJADI WANPRESTASI PADA TRANSAKSI E-COMMERCE MELALUI WEBSITE

Rendy , Renaldy and NANIK , TRIHASTUTI (2016) UPAYA PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM HAL TERJADI WANPRESTASI PADA TRANSAKSI E-COMMERCE MELALUI WEBSITE. Masters thesis, Fakultas Hukum UNDIP.

[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

1171Kb

Abstract

Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, wanprestasi diatur dalam Pasal 21 Ayat (2) huruf a yang menegaskan jika transaksi elektronik dilakukan sendiri tanpa agen elektronik, maka segala akibat hukum dalam pelaksanaannya menjadi tanggung jawab pihak yang bertransaksi. Ketentuan mengenai wanprestasi dalam transaksi e-commerce secara lengkap tetap merujuk pada Buku III KUH Perdata, sehingga pengaturan dalam Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dengan KUH Perdata bersifat saling melengkapi dan saling mengisi khususnya pengaturan mengenai wanprestasi. Perumusan masalah yang akan diteliti yaitu apakah yang menjadi fator penyebab terjadinya wanprestasi pada transaksi e-commerce melalui website dan bagaimanakah bentuk perlindungan konsumen dalam hal terjadi wanprestasi pada transaksi e-commerce melalui website. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis faktor penyebab terjadinya wanprestasi pada transaksi e- commerce melalui website dan bentuk perlindungan konsumen dalam hal terjadi wanprestasi pada transaksi e-commerce melalui website. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode yuridis Normatif yaitu suatu penelitian yang secara deduktif dimulai analisa terhadap Pasal-Pasal dalam peraturan perundang-undangan yang mengatur terhadap permasalahan diatas. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian dan pembahasan adalah sebagai berikut : 1) faktor penyebab terjadinya wanprestasi pada transaksi e-commerce melalui website adalah antara penjual dan pembeli tidak melakukan tatap muka, terdapat perjanjian khusus yang disepakati oleh keduanya, faktor ketiadaan jarak dan penawaran produk melalui media elektronik yang hanya berupa gambar atau video. 2) bentuk perlindungan konsumen dalam hal terjadi wanprestasi pada transaksi e-commerce melalui website adalah konsumen dapat melaporkan kepada Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM)

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Perlindungan Konsumen, Transkasi E-Commerce, Wanprestasi.
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:69961
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:26 Feb 2019 09:57
Last Modified:26 Feb 2019 09:57

Repository Staff Only: item control page