Analisis Yuridis Terhadap Hak Cipta Karya Tulis yang digunakan oleh Pihak Lain ditinjau dari Undang-Undang Hak Cipta Indonesia (Studi Putusan MA Nomor: 306 K/Pdt. Sus-HKI/2014).

Putri Dwi , Prasetyo Utami and Budi , Santoso (2016) Analisis Yuridis Terhadap Hak Cipta Karya Tulis yang digunakan oleh Pihak Lain ditinjau dari Undang-Undang Hak Cipta Indonesia (Studi Putusan MA Nomor: 306 K/Pdt. Sus-HKI/2014). Masters thesis, Fakultas Hukum UNDIP.

[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

857Kb

Abstract

UUHC memberikan pencipta suatu hak, yaitu hak eksklusif untuk mengumumkan atau memperbanyak karyanya atau memberikan izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut peraturan perundang- undangan yang berlaku. Jika penulis menggunakan karya atau ciptaan orang lain dalam tulisan atau bukunya, sangat mungkin ia akan melakukan plagiarisme. Banyaknya pelanggaran Hak Cipta terutama dalam Karya Cipta Buku saat ini, oleh karena itu maka perlu diketahui Bagaimana perlindungan hukum terhadap Hak Cipta Karya Tulis pada buku DISC dalam Undang-Undang Hak Cipta Indonesia dan Bagaimana akibat hukum apabila pihak lain tetap menggunakan hak cipta karya tulis pada buku DISC. Metode yang digunakan dalam penulisan tesis ini adalah mempergunakan analisa penelitian hukum yang bersifat normatif. Spesifikasi penelitian ini adalah deskriptif analitis, yaitu menggambarkan penerapan dari perlindungan hukum atas Hak Cipta Karya Tulis. Berdasarkan hasil penelitian terhadap perlindungan Hak Cipta penggunaan Karya Tulis Buku DISC menurut UUHC 2002 perlindungan terhadap Hak Moral, yaitu yang diatur pada Pasal 24 ayat (2). UUHC 2014 juga mengatur Hak Moral dalam Pasal 5 ayat (1). Untuk konsep Hak Ekonomi dalam UUHC 2002 tentang Hak Cipta, diatur dalam Pasal 2 ayat (1). Hak ekonomi dalam UUHC 2014 diatur dalam Pasal 8 dan Pasal 9. Untuk jenis-jenis hak ekonomi diatur dalam Pasal 9. Pasal 9 ayat (1) UUHC 2014 tentang Hak Cipta. Akibat hukum apabila pihak lain tetap menggunakan hak cipta karya tulis pada buku DISC kasus tersebut adalah sanski. Sanksi Hak Moral merupakan sanksi Administratif dan untuk sanski Hak Ekonomi diatur dalam Ketentuan Pidana Pasal UUHC 2002 dan UUHC 2014 Tentang Hak Cipta ada didalam Pasal 113 ayat (3). Rekomendasi yang diajukan adalah perlu dilakukannya sosialisasi terhadap masyarakat dan juga terhadap aparat hukum tentang pentingnya pentingnya perlindungan hukum bagi karya tulis secara umum dan perlindungan terhadap hak moral bagi pencipta atau pelaku karya tulis/penulis. Akademis dan masyarakat agar hendaknya sadar bahwa harus mencantumkan nama pencipta apa tulisan itu bukan ciptaan milik dirinya sendiri. Tidak mencantumkan nama pencipta apabila tulisan tersebut merupakan karya orang lain merupakan suatu tindakan plagiarisme.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Hak Cipta, Perlindungan Karya Tulis, Digunakan oleh Pihak Lain
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:69948
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:26 Feb 2019 09:17
Last Modified:26 Feb 2019 09:17

Repository Staff Only: item control page