PENYELESAIAN WANPRESTASI YANG DILAKUKAN DEBITUR DALAM PERJANJIAN KREDIT DENGAN JAMINAN BILYET DEPOSITO BERJANGKA DI BANK MANDIRI KANTOR CABANG PEMUDA SEMARANG

OKTA SOPHIA , ZUMARA PUTRI and Achmad , Busro (2016) PENYELESAIAN WANPRESTASI YANG DILAKUKAN DEBITUR DALAM PERJANJIAN KREDIT DENGAN JAMINAN BILYET DEPOSITO BERJANGKA DI BANK MANDIRI KANTOR CABANG PEMUDA SEMARANG. Masters thesis, Fakultas Hukum UNDIP.

[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

875Kb

Abstract

Deposito Sebagai Jaminan Kredit Pada PT Bank Mandiri Indonesia, Tbk Cabang Pemuda Semarang Deposito berjangka merupakan jenis simpanan yang dikeluarkan oleh bank, yang berbeda denagn jenis simpanan giro dan tabungan dimana simpanan deposito mengandung unsur jangka waktu ( jatuh tempo ) lebih panjang dan tidak dapat ditarik sewaktu waktu Simpanan deposito berjangka sebenarnya hubungan saling mempercayai antara Debitur dangan pihak Bank. Bank Mandiri Kantor Cabang Pemuda Semarang merupakan salah satu bank umum yang dalam rangka menjalankan usahanya untuk menghimpun dana dari masyarakat, menawarkan produk deposito berjangka serta memberikan kredit untuk pengembangan usaha yang ada dalam kehidupan bermasyarakat. Deposito berjangka pada PT Bank Mandiri Indonesia Tbk Cabang Pemuda Semarang alasan nasabah menggunakan deposito berjangka sebagai jaminan kredit disebabkan karena : ( 1 ) Jumlah kredit yang diperoleh paling tinggi dibandingkan dengan jaminan yang lainnya, ( 2 ) Prosedur mudah,murah dan sederhana, ( 3 ) suku bunga kredit lebih rendah , serta ( 4 ) tidak perlu analisa yang mendalam terhadap kemampuan nasabah. Dalam penulisan ini agar data yang dimaksud dapat diperoleh dan dibahas, metode yang digunakan adalah yuridis empiris untuk menganalisa tentang pelaksanaan deposito berjangka sebagai jaminan kredit pada PT. Bank Mandiri Indonesia Tbk Cabang Pemuda Semarang Prosedur pelaksanaan perjanjian deposito berjangka sebagai jaminnan kredit serta perlindungan hukum terhadap kreditur selaku pemegang jaminan deposito berjangka dan perlindungan hukum bagi deposito yang wanprestasi. Umumnya pelaksanaan perjanjian deposito berjangka sekarang ini telah berjalan baikdan ketat terbukti dengan kehati-hatian pihak Bank dalam menerima simpanan deposito berjangka serta pemberian kredit sehingga bila debitur terjadi wanprestasi, pihak bank mencari kepastian dengan menghubungi bila tidak ada respon maka dana langsung dicairkan jaminan deposito berjangka sehingga tidak menimbulkan masalah diberbagai pihak serta membantu masyarakat dalam peningkatan usahanya.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Deposito, Sebagai Jaminan Kredit.
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:69939
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:26 Feb 2019 08:46
Last Modified:26 Feb 2019 08:46

Repository Staff Only: item control page