PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN TARIF TERHADAP LOYALITAS PASIEN MELALUI KEPUASAN PASIEN (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Banyumanik Semarang)

Zulfikar Akbar Sulistyono , Akbar Sulistyono (2018) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN TARIF TERHADAP LOYALITAS PASIEN MELALUI KEPUASAN PASIEN (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Banyumanik Semarang). Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
341Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
707Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
335Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
1169Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
185Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
177Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
1647Kb

Abstract

Semakin pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam dunia bisnis menyebabkan persaingan yang semakin ketat dan memaksa pelaku bisnis untuk dapat mengikuti persaingan tersebut agar bisa tetap bertahan dan tumbuh dalam menjalankan suatu bisnis tertentu. Penelitian ini dilakukan pada RS Banyumanik. Dari wawancara terhadap berapa pasien RS Banyumanik diketahui adanya keluhan terhadap tarif dan kualitas yang diberikan. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa, RS Banyumanik harus memberikan pelayanan yang baik terhadap pelanggannya, diimbangi dengan tarif yang sesuai dengan apa yang diberikan oleh RS Banyumanik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan (X1) dan tarif (X2) terhadap loyalitas pasien (Y) melalui kepuasan pasien pada RS Banyumnaik. Tipe penelitian menggunakan explanatory research dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan alat pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan sampel sebesar 100 responden pasien RS Banyumanaik dengan menggunakan metode Non Probability Sampling dengan syarat yang ditetapkan. Teknik analisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, regresi linier sederhana, regresi linier berganda, uji t, uji F dan uji sobel dengan alat SPSS 23. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh cukup kuat terhadap kepuasan pasien sebesar 33,4%, sebanding dengan tarif berpengaruh cukup kuat terhadap kepuasan pasien sebesar 25,6%. Sehingga diketahui kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien memiliki pengaruh lebih besar di bandingkan tarif. Sedangkan dengan kualitas pelayanan berpengaruh cukup kuat terhadap loyalitas pasien sebesar 31,5%.sedangkan tarif berpengaruh terhadap loyalitas pasien sebesar 18,5%. Sehingga diketahui kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien memliki pengaruh lebih besar di bandingkan tarif. Saran yang dapat diberikan untuk meningkatkan loyalitas pasien yaitu meningkatkan kualitas pelayanan Rumah Sakit Banyumanaik, seperti memberikan sirkulasi udara yang baik, tenaga medis dan non medis cepat dan tanggap, memberikan perhatian kepada semua pasien tanpa pilih, tenaga medis dan non medis lebih ramah dan sopan terhadap pasien.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HF Commerce
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
ID Code:69899
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:25 Feb 2019 15:19
Last Modified:25 Feb 2019 15:19

Repository Staff Only: item control page