HUBUNGAN ANTARA ETHICAL WORK CLIMATE DENGAN WORK ENGAGEMENT PADA KARYAWAN TIDAK TETAP PT. BNI CABANG UNIVERSITAS DIPONEGORO

Shofyan, Muhammad Yusuf and Prasetyo, Anggun Resdasari (2019) HUBUNGAN ANTARA ETHICAL WORK CLIMATE DENGAN WORK ENGAGEMENT PADA KARYAWAN TIDAK TETAP PT. BNI CABANG UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF
492Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara ethical work climate dengan work engagement pada karyawan tidak tetap PT. BNI cabang Universitas Diponegoro. Ethical Work Climate merupakan persepsi bersama dalam mengatasi sebuah masalah etis. Work Engagement menunjukkan suatu keadaan positif yang berhubungan dengan pekerjaan sehingga individu mencurahkan energi, konsentrasi, dedikasi dan terlibat secara penuh terhadap pekerjaannya. Subjek dalam penelitian ini adalah 70 karyawan PT. BNI cabang Universitas Diponegoro. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik convinience. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah Skala Perceived Ethical Work Climate (15 aitem, α = 0,869) dan Skala Work Engagement (24 aitem, α = 0,853). Berdasarkan metode analisis regresi sederhana didapatkan bahwa rxy = 0,729 dengan p = 0,000 (p < 0,05) Hasil ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara ethical work climate dengan work engagement. Ethical work climate memberikan sumbangan efektif sebesar 53,1% pada work engagement, sedangkan 46,9% ditentukan oleh faktor lain yang tidak diungkapkan dalam penelitian ini.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:69878
Deposited By:Ms Siti Yuanah Psikologi
Deposited On:26 Feb 2019 13:42
Last Modified:26 Feb 2019 13:42

Repository Staff Only: item control page