TANGGUNG JAWAB KREDITOR TERHADAP PEMBERIAN KREDIT UNTUK USAHA KECIL DAN MENENGAH PADA BANK DANAMON KANTOR CABANG CIREBON YANG BENTUK USAHANYA BELUM TERDAFTAR

BAMBANG , KRESNADI and Siti Malikatun , Badriyah (2017) TANGGUNG JAWAB KREDITOR TERHADAP PEMBERIAN KREDIT UNTUK USAHA KECIL DAN MENENGAH PADA BANK DANAMON KANTOR CABANG CIREBON YANG BENTUK USAHANYA BELUM TERDAFTAR. Masters thesis, Fakultas Hukum UNDIP.

[img]Archive (ZIP) - Published Version
Restricted to Registered users only

1968Kb

Abstract

Bank Danamon Kantor Cabang Kota Cirebon adalah badan hukum sebagai lembaga keuangan yang menghimpun dana masyarakat dan berfungsi sebagai lembaga penyalur kredit yang diharapkan sebagai lokomotif penggerak ekonomi masyarakat, berdasarkan uraian tersebut maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian ini. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan pemberian kredit usaha rakyat (KUR) pada Bank Danamon kantor cabang Kota Cirebon serta bagaimana upaya penyelesaian sengketa yang dilakukan oleh Bank Danamon selaku kreditor dalam hal telah terjadi wanprestasi pada perjanjian kredit usaha rakyat (KUR) yang legalitas usaha debitor sebagai jaminan belum terdaftar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode yuridis empiris yaitu suatu pendekatan yang dilakukan atau yang digunakan untuk menjadi acuan dalam menyoroti permasalahan aspek-aspek hukum yang berlaku. Hasil penelitian ini pada akhirnya memberikan jawaban bahwa pelaksanaan pemberian kredit usaha rakyat (KUR) pada Bank Danamon kantor cabang Kota Cirebon dilaksanakan dengan cara sederhana, dimulai dengan permohonan, pemeriksaan berkas, analisis kebenaran dokumen, observasi ke debitor menyangkut penelitian kebenaran usaha dan kebenaran jaminan, selain itu upaya penyelesaian sengketa yang dilakukan oleh Bank Danamon selaku kreditor dalam hal telah terjadi wanprestasi pada perjanjian kredit usaha rakyat (KUR) sedangkan legalitas usaha debitor belum terdaftar adalah dengan mengajukan claim kepada lembaga penjamin dalam hal ini adalah askrindo dan jamkrindo dengan prosedur yang telah ditentukan. Saran dari penelitian ini adalah kepada Bank Danamaon di Kota Cirebon lebih memperketat dan lebih teliti dalam menganalisa usaha maupun karakter debitur, guna mengetahui persis kemampuan bayar dan peruntukan modal kredit tersebut, agar benar-benar kredit usaha rakyat digunakan untuk kepentingan usaha dan sasaran yang dituju dapat terlaksana.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Tanggung Jawab, Kreditor dan Kredit Usaha Rakyat (KUR).
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:69869
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:22 Feb 2019 11:35
Last Modified:22 Feb 2019 11:35

Repository Staff Only: item control page