PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEBERAGAMAN MENU, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Pada UKM Angkringan Ariesta Semarang Barat)

Rafi, Oktavianto (2018) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEBERAGAMAN MENU, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Pada UKM Angkringan Ariesta Semarang Barat). Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
820Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
745Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
246Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
932Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
13Kb

Abstract

Perkembangan dan persaingan bisnis jasa kuliner semakin meningkat pesat. Mereka bersaing dalam memberikan pelayanan yang terbaik untuk mempertahankan pelanggannya. Penelitian ini dilakukan pada Angkringan Ariesta Semarang. Dari data penjualan Angkringan Ariesta Semarang diketahui adanya fluktuasi jumlah penjualan dan adanya jumlah keluhan pengguna jasa Angkringan Ariesta berkaitan dengan pelayanan, dan kelezatan masakan. Sebagai UKM yang bergerak di bidang kuliner, Angkringan Ariesta Semarang harus memberikan pelayanan yang baik terhadap pelanggannya, pelayanan yang baik diimbangi dengan keberagaman menu dan harga yang sesuai dengan apa yang diberikan oleh Angkringan Ariesta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan (X1), keberagaman Menu (X2) dan harga (X3) terhadap keputusan pembelian (Y) konsumen pada Angkringan Ariesta. Tipe penelitian menggunakan explanatory research dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan alat pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan sampel sebesar 100 responden pelanggan Angkringan Ariesta menggunakan metode sampling Non Probality Sampling dengan teknik Purposive Sampling. Teknik analisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, regresi linier sederhana, regresi linier berganda, uji t, dan uji F dengan alat SPSS 16. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh cukup kuat terhadap keputusan pembelian sebesar 51,5%, kemudian keberagaman Menu berpengaruh kuat terhadap keputusan pembelian sebesar 61% dan harga berpengaruh kuat terhadap keputusan pembelian sebesar 64,1% %. Hal ini menunjukkan bahwa variabel harga terhadap variabel keputusan pembelian berpengaruh lebih tinggi daripada variabel kualitas pelayanan dan variabel keberagaman Menu. Saran yang dapat diberikan untuk meningkatkan keputusan pembelian yaitu Angkringan Ariesta harus berani bersaing dalam memberikan harga yang murah karena dianggap penting oleh konsumen, namun masih kurang mendapat perhatian dari pihak UKM seperti kesesuaian harga dengan kualitas angkringan, perbandingan angkringan ariesta dengan angkringan setara lainnya.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HF Commerce
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
ID Code:69810
Deposited By:Perpustakaan Fisip
Deposited On:21 Feb 2019 14:42
Last Modified:21 Feb 2019 14:42

Repository Staff Only: item control page