Pengaruh Service Quality dan Online Servicescape Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand Image (Studi kasus pada Mahasiswa FISIP Undip Pengguna Jasa Transportasi Online Go-Jek)

Benedictus , Pascal Kurniawan (2019) Pengaruh Service Quality dan Online Servicescape Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand Image (Studi kasus pada Mahasiswa FISIP Undip Pengguna Jasa Transportasi Online Go-Jek). Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
595Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
1141Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
528Kb
[img]
Preview
PDF
1318Kb
[img]
Preview
PDF
188Kb

Abstract

Sektor jasa transportasi merupakan salah satu sektor jasa yang dibutuhkan masyarakat, kebutuhan masyarakat akan jasa transportasi tentu harus diperhatikan. Kini di Indonesia terdapat sebuah layanan ojek online yang memungkinkan penumpang tidak perlu datang ke sebuah pangkalan ojek. Go-Jek merupakan salah satu sarana transportasi online yang memiliki konsumen cukup banyak, akan tetapi masih banyaknya masalah dalam Go-Jek menyebabkan konsumen masih merasa ragu untuk menggunakan, terbukti dari belum tercapainya target dan realisasi transaksi Go-Jek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung antara variabel Service Quality dan Online Servicescape terhadap Keputusan Pembelian, dan pengaruh tidak langsung Service Quality dan Online Servicescape terhadap Keputusan Pembelian melalui Brand Image pada pengguna Go-Jek di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro. Metode penelitian yang digunakan yaitu teknik Non Probability Sampling dengan metode Purposive Sampling dan Insidental Sampling. Sampel yang dikumpulkan sebanyak 100 responden mahasiswa S1 di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu politik Universitas Diponegoro yang dipilih berdasarkan pertimbangan. Penelitian menggunakan teknik analisis Partial Least Square, yang diestimasi dengan program WarpPLS 3.0. Berdasarkan hasil analisis olah data dengan WarpPLS menjelaskan bahwa pada hasil uji pengaruh langsung pada model penelitian menunjukkan hasil yang positif dan signifikan. Uji pengaruh tidak langsung pada model penelitian juga menunjukkan hasil positif dan signifikan. Peneliti memberikan saran kepada pihak Go-Jek untuk meningkatkan kualitas pelayanan dengan memperketat SOP (Standar Operasional Prosedur) driver supaya konsumen merasa nyaman, lalu memperbaiki kualitas visual aplikasi dan website Go-Jek, bekerja sama dengan partner influencer yang memiliki network kuat agar bisa bertukar pelanggan, dan lebih banyak melakukan promosi ke media yang dekat dengan konsumen potensial.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HF Commerce
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
ID Code:69802
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Feb 2019 14:14
Last Modified:21 Feb 2019 14:14

Repository Staff Only: item control page