ANALISIS PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWANMELALUI ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Karyawan Perum PERUMNAS Regional V Cabang Semarang)

Anggara , Hapsari (2018) ANALISIS PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWANMELALUI ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Karyawan Perum PERUMNAS Regional V Cabang Semarang). Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
819Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
699Kb
[img]
Preview
PDF
433Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
1097Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
131Kb

Abstract

Selama ini, kinerja karyawan yang tidak stabil telah menjadi permasalahan baik bagi perusahan kecil maupun besar. Salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan adalah komitmen organisasi. Dengan mengetahui seberapa besar komitmen seorang karyawan terhadap perusahaannya, akan lebih mudah bagi perusahaan untuk menyusun strategi peningkatan kinerja. Oleh karena itu diadakannya penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan melalui organizational citizenship behavior (ocb) sebagai variabel intervening studi pada karyawan Perum PERUMNAS Regional V Cabang Semarang, Tipe penelitian yang digunakan yaitu explanatory research. Jumlah sampel sebanyak 43 responden menggunakan pendekatan sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner dengan skala pengukuran likert. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji regresi linier sederhana, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, signifikansi uji t dan uji F, analisis koefisien determinasi (Adjusted R Square), analisis jalur, dan sobel test. Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa, variabel kepuasan kerja tidak memiliki pengaruh kontribusi terhadap variabel kinerja karyawan maupun OCB dibuktikan dengan koefisien determinasi yang bernilai negatif. Hasil uji t juga menunjukkan tidak ada pengaruh signifikan dari kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan maupun OCB dibuktikan dengan hasil t hitung < t tabel. Variabel komitmen organisasi memiliki koefisien determinasi sebesar 27,7% terhadap variabel kinerja karyawan dan 13,1% terhadap variabel OCB. Hasil uji t sebesar t hitung 3,565 > t tabel 1,6829 terhadap variabel kinerja karyawan dan t hitung 2,706 > t tabel 1,6829 terhadap variabel OCB. Uji F sebesar F hitung 7,258 > F tabel 2,8451 dan bebas dari asumsi klasik. Hasil sobel test menunjukkan hasil yang tidak signifikan. Kesimpulan dalam penelitian adalah komitmen organisasi merupakan faktor yang paling mempengaruhi kinerja karyawan. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan maupun terhadap OCB. Adapun saran untuk perusahaan yaitu untuk lebih memperhatikan faktor kepuasan kerja karyawan yang memiliki indikator seperti pekerjaan itu sendiri, gaji, promosi jabatan, rekan kerja, dan pimpinan Kata Kunci : Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi, Kinerja Karyawan, Ocb.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
ID Code:69796
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Feb 2019 11:32
Last Modified:21 Feb 2019 11:32

Repository Staff Only: item control page