PERALIHAN HAK ATAS TANAH BERDASARKAN PEWARISAN PADA GOLONGAN II KARENA TANPA KETURUNAN ( Studi di Kantor Pertanahan Kabupaten Kediri )

Lilik Hari , Sudaryono and Ngadino, Ngadino (2016) PERALIHAN HAK ATAS TANAH BERDASARKAN PEWARISAN PADA GOLONGAN II KARENA TANPA KETURUNAN ( Studi di Kantor Pertanahan Kabupaten Kediri ). Masters thesis, Fakultas Hukum UNDIP.

[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

1810Kb

Abstract

Salah satu sebab berakhirnya kepemilikan seseorang atas tanah adalah karena kematian. Karena dengan adanya peristiwa hukum ini mengakibatkan adanya peralihan harta kekayaan dari orang yang meninggal, baik harta kekayaan material maupun inmaterial kepada ahli waris orang yang meninggal tersebut. Dengan meninggalnya seseorang ini maka akan ada pewaris, ahli waris dan harta kekayaan. Pewaris adalah orang yang meninggal dunia dan meninggalkan harta kekayaan, sedangkan ahli waris adalah orang yang berhak atas harta kekayaan dari orang meninggal. Dan harta kekayaan yang ditinggalkan bisa immaterial maupun material, harta kekayaan material antara lain tanah, rumah ataupun benda lainnya. Hukum Waris adalah suatu hukum yang mengatur peninggalan harta seseorang yang telah meninggal dunia diberikan kepada yang berhak, seperti keluarga dan masyarakat yang lebih berhak. Hukum Waris yang berlaku di Indonesia ada tiga yakni: Hukum Waris Adat, Hukum Waris Islam dan Hukum Waris Perdata. Setiap daerah memiliki hukum yang berbeda-beda sesuai dengan sistem kekerababatan yang mereka anut. Ahli waris pada golongan II diatur dalam Pasal 854, 855, 856 dan Pasal 857 KUHPerdata. Menurut Pasal 854 warisan golongan II diperoleh karena haknya sendiri, sedangkan menurut Pasal 855 sampai Pasal 857 diperoleh karena pergantian tempat. Golongan II terdiri dari ayah, ibu serta saudara-saudara sipewaris.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Peralihan Hak, Pewarisan, Golongan II
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:69632
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:18 Feb 2019 09:23
Last Modified:18 Feb 2019 09:23

Repository Staff Only: item control page