ANALISIS KEPRIBADIAN DAN KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL CRITICAL ELEVEN KARYA IKA NATASSA ( SEBUAH KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA)

Wanti, Nur Cahyani (2019) ANALISIS KEPRIBADIAN DAN KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL CRITICAL ELEVEN KARYA IKA NATASSA ( SEBUAH KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
273Kb

Abstract

Cahyani Nur, Wanti. 2018 . “Konflik Batin Tokoh Utama Novel Critical Eleven Karya Ika Natassa Sebuah Kajian Psikologi Sastra”. Skripsi. Program Strata I dalam Ilmu Sastra Indonesia. Semarang. Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro. Pembimbing: Drs. M. Muzakka, M.Hum., dan Fajrul Falah, S.Hum., M.Hum. Tujuan penelitian terhadap novel Critical Eleven karya Ika Natassa adalah mengungkapkan unsur struktural novel Critical Eleven seperti tokoh penokohan, alur pengaluran, latar pelataran dan mendeskripsikan penyebab konflik batin tokoh utama dalam novel Critical Eleven. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan bahan dan data seluruhnya diperoleh dari sumber-sumber tertulis. Dalam menganalisis permasalahan dalam novel Critical Eleven penulis menggunakan bebereapa teori diantaranya teori psikologi sastra, teori kepribadian, teori eksternal, dan teori konflik batin. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologi dan pendekatan struktural, mengingat tujuan utama penelitian ini adalah mengungkap beberapa aspek psikologis yang melatar belakangi tindakan yang dilakukan tokoh utama serta mengungkap konflik batin yang dialami tokoh. Pendekatan struktural digunakan untuk mengungkap unsur-unsur struktur novel karena untuk mengungkap aspek psikologisnya harus melalui analisis terhadap unsur-unsur struktur novel, yaitu unsur tokoh,alur, latar, tema, dan amanat. Analisis dilakukan dengan menggunakan teori struktur novel, teori psikologi sastra yang mengulas tentang psikologi kepribadian, teori konflik batin dan kecemasan. Hasil analisis novel Critical Eleven terdapat beberapa aspek psikologi, terutama konflik batin yang dialami tokoh utama sangat ditonjolkan. Konflik batin yang dialami tokoh utama terjadi karena ketidakseimbangan anatara id, ego, dan superego. Terjadi pertentangan antar ego pada tokoh utama sehingga mengakibatkan terjadinya konflik batin antar tokoh. Kata kunci:Struktur, Novel, Psikologi, Konflik, Batin, dan Kecemasan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:P Language and Literature > PQ Romance literatures
Divisions:Faculty of Humanities > Department of Indonesian
ID Code:69550
Deposited By:Sastra Indonesia
Deposited On:15 Feb 2019 13:18
Last Modified:15 Feb 2019 13:18

Repository Staff Only: item control page