HUBUNGAN PANJANG TUNGKAI DAN KEKUATAN OTOT TUNGKAI DENGAN KECEPATAN LARI 60 METER(Studi pada Pemain Sepak Bola Diklat Diponegoro Muda PS UNDIP)

Putri, Resha Febryani Dwi and Widodo, Sumardi and Adjie, Raden Mas Soerjo (2019) HUBUNGAN PANJANG TUNGKAI DAN KEKUATAN OTOT TUNGKAI DENGAN KECEPATAN LARI 60 METER(Studi pada Pemain Sepak Bola Diklat Diponegoro Muda PS UNDIP). Undergraduate thesis, Faculty of Medicine.

[img]
Preview
PDF
903Kb
[img]
Preview
PDF
330Kb
[img]
Preview
PDF
741Kb
[img]
Preview
PDF
478Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

236Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

180Kb

Abstract

Latar Belakang : Sepak bola merupakan olahraga yang banyak mengandalkan kecepatan, kekuatan, kemampuan, keterampilan, teknik penguasaan bola dan strategi dibandingkan olahraga lain. Mengingat pentingnya kecepatan lari dalam sepak bola, maka dalam memberikan latihan harus banyak menekankan unsur kecepatan. Kecepatan lari dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor fisiologis yang mempengaruhi kecepatan dalam berlari antara lain kekuatan otot tungkai, daya ledak otot tungkai, dan kelentukan otot tungkai, sedangkan faktor anatomis atau postur tubuh antara lain ukuran tinggi, panjang, besar, lebar, dan berat tubuh. Tujuan : Mengetahui hubungan panjang tungkai dan kekuatan otot tungkai terhadap kecepatan lari 60 meter. Metode : Penelitian observasional analitik dengan rancangan belah lintang dilaksanakan di Stadion Universitas Diponegoro Semarang. Subjek penelitian ini adalah 13 pemain sepak bola Diklat Diponegoro Muda PS Undip (n=13). Pengukuran panjang tungkai dilakukan dengan menggunakan mistar gulung, kekuatan otot tungkai diukur dengan menggunakan leg dynamometer, sedangkan kecepatan lari diukur menggunakan stopwatch dengan lintasan 60 meter. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji hipotesis Pearson. Hasil : Pada penelitian didapatkan data panjang tungkai dengan rerata 87,15±3,44 cm; data kekuatan otot tungkai dengan rerata 180,38±55,61 kg; dan data kecepatan lari 60 meter dengan rerata 6,76±0,50 m/s. Uji korelasi Pearson antara panjang tungkai dengan kecepatan lari menunjukkan korelasi positif yang bermakna (r=0,672; p=0,027). Uji korelasi Pearson antara kekuatan otot tungkai dengan kecepatan lari menunjukkan korelasi positif yang bermakna (r=0,610; p=0,012). Kesimpulan : Terdapat hubungan antara panjang tungkai dan kekuatan otot tungkai dengan kecepatan lari 60 meter. Kata Kunci : Panjang tungkai, kekuatan otot tungkai, kecepatan lari

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QM Human anatomy
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:69511
Deposited By:Ms Lutfiatun Heni
Deposited On:12 Feb 2019 11:20
Last Modified:12 Feb 2019 11:20

Repository Staff Only: item control page