PENGARUH EKSTRAK ETANOL DAUN Annona muricata TERHADAP KADAR MALONDIALDEHYDE (MDA) DARAH TIKUS SPRAGUE-DAWLEY YANG DIINDUKSI 7,12-DIMETHYLBENZ[A]ANTHRACENE

Budianto, Blasius Adrian and Yudhanto, Eka and Ariosta, Ariosta (2019) PENGARUH EKSTRAK ETANOL DAUN Annona muricata TERHADAP KADAR MALONDIALDEHYDE (MDA) DARAH TIKUS SPRAGUE-DAWLEY YANG DIINDUKSI 7,12-DIMETHYLBENZ[A]ANTHRACENE. Undergraduate thesis, Faculty of Medicine.

[img]
Preview
PDF
604Kb
[img]
Preview
PDF
210Kb
[img]
Preview
PDF
713Kb
[img]
Preview
PDF
310Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

211Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

216Kb

Abstract

Latar Belakang: Kanker payudara adalah penyakit kanker yang paling sering diderita kalangan wanita di sebagian besar negara. Kanker payudara di Indonesia menyebabkan kematian sebesar 16,6 per 100.000 penduduk. Penyebab pasti dari kanker payudara masih belum diketahui. Senyawa 7, 12- Dimethylbenz[a]anthracene (DMBA) digunakan untuk menyelidiki karsinogenesis. Pengobatan kanker berkembang terus. Berbagai penelitian yang diteliti saat ini banyak menggunakan ekstrak tumbuhan sebagai terapi suportif kanker. Salah satunya adalah daun Annona muricata atau sirsak. MDA merupakan suatu marker kerusakan oksidatif. Kadar MDA pada pasien dengan kanker payudara akan mengalami peningkatan secara signifikan. Keberhasilan terapi pada pasien kanker payudara ditunjukkan dengan penurunan kadar MDA darah. Tujuan: Mengetahui pengaruh ekstrak etanol daun Annona muricata terhadap kadar MDA darah tikus Sprague Dawley yang diinduksi 7,12- Dimethylbenz[a]anthracene. Metode: Penelitian ini true experimental randomized post-test only with control group design pada tikus yang dibagi ke dalam dua kelompok yaitu kelompok perlakuan (P1) yang diberikan induksi DMBA dan ekstrak etanol daun sirsak melalui sonde lambung dengan dosis 200mg/KgBB/hari selama 12 hari dan kelompok kontrol (P2) yang diberikan induksi DMBA. Hasil: Rerata kadar Malondialdehyde pada kelompok P1 = 274,46±107,99 dan pada kelompok P2 = 243,21±97,41. Hasil uji normalitas data menggunakan uji Saphiro-Wilk diperoleh data berdistribusi normal untuk kedua kelompok. Hasil uji independent-samples T Test menunjukkan tidak didapatkan perbedaan bermakna dengan nilai P = 0,52. Kesimpulan: Ekstrak etanol daun Annona muricata tidak berpengaruh terhadap kadar MDA darah tikus Sprague Dawley yang diinduksi 7,12- Dimethylbenz[a]anthracene Kata Kunci: Ekstrak etanol daun Annona muricata, kanker payudara, 7,12- Dimethylbenz[a]anthracene, malondialdehyde.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RD Surgery
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:69272
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:06 Feb 2019 11:43
Last Modified:06 Feb 2019 11:43

Repository Staff Only: item control page