APLIKASI BEBERAPA JENIS PUPUK ORGANIK CAIR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.)

FITRININGTYAS, ASRI NUR and SUTARNO, SUTARNO and Fuskhah, Eny (2019) APLIKASI BEBERAPA JENIS PUPUK ORGANIK CAIR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.). Undergraduate thesis, Faculty of Animal and Agricultural Sciences.

[img]
Preview
PDF
627Kb
[img]
Preview
PDF
90Kb
[img]
Preview
PDF
234Kb
[img]
Preview
PDF
241Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

170Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

880Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1600Kb

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui jenis pupuk organik cair dan interval waktu pemberian yang tepat guna mendapatkan hasil pertumbuhan dan produksi tanaman cabai rawit yang baik. Penelitian dilakukan di lahan warga Jl. Tlogosari Utara, Tembalang, Semarang dan Laboratorium Ekologi dan Produksi Tanaman, Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro, Semarang dari bulan Maret – Juli 2017. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan acak lengkap pola faktorial 4x3 dengan tiga kali ulangan, faktor pertama yaitu jenis pupuk organik cair (P) dengan perlakuan P1 (urin kelinci), P2 (urin sapi), P3 (Bio extrim), dan P4 (Biofarm). Faktor kedua adalah interval waktu pemberian pupuk (T) dengan perlakuan T1 (5 hari sekali), T2 (10 hari sekali), dan P3 (15 hari sekali). Analisis data yang digunakan yaitu analisis ragam (ANOVA), apabila terdapat pengaruh yang nyata maka dilanjutkan dengan uji Duncan Multiple Range Test (DMRT) taraf 5%. Parameter yang diamati adalah tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah buah per tanaman, panjang buah, dan berat buah per tanaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pupuk organik cair Bio extrim dapat meningkatkan pertumbuhan dan produksi cabai rawit pada semua parameter, sedangkan pupuk organik cair urin kelinci dapat meningkatkan pertumbuhan dan produksi cabai rawit pada parameter tinggi tanaman, jumlah daun, dan berat buah per tanaman. Interval waktu pemberian pupuk 5 hari dapat meningkatkan pertumbuhan cabai rawit pada parameter tinggi tanaman. Simpulan dari hasil penelitian adalah jenis pupuk Bio extrim menunjukkan hasil tertinggi pada parameter tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah buah per tanaman, panjang buah dan berat buah per tanaman dan diikuti oleh jenis pupuk urin kelinci. Perlakuan interval waktu pemberian pupuk 5 hari sekali dapat meningkatkan tinggi tanaman cabai rawit. Pupuk urin kelinci dapat menggantikan pupuk Bio extrim sebagai pupuk produksi pabrik. Pupuk urin kelinci nyata dapat meningkatkan pertumbuhan dan produksi tanaman cabai rawit sama seperti pupuk Bio extrim, namun dilihat dari segi harga pupuk urin kelinci lebih terjangkau serta bahan mudah didapat.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agroecotechnology
ID Code:69234
Deposited By:Mr. Perpus FP Admin
Deposited On:06 Feb 2019 09:22
Last Modified:06 Feb 2019 09:22

Repository Staff Only: item control page