Pengaruh Perubahan Suhu dan Waktu Dalam Pembuatan Sari Jahe Gajah (Zingiber Officinale Roscoe) dengan Alat Evaporator Vakum (The effect of changes in temperature and time in the manufacture of ginger juice (Zinger Officinale Roscoe) With Vacuum Evaporator)

Nur Wahidah, Aprilia (2018) Pengaruh Perubahan Suhu dan Waktu Dalam Pembuatan Sari Jahe Gajah (Zingiber Officinale Roscoe) dengan Alat Evaporator Vakum (The effect of changes in temperature and time in the manufacture of ginger juice (Zinger Officinale Roscoe) With Vacuum Evaporator). Undergraduate thesis, undip.

[img]
Preview
PDF (COVER)
183Kb
[img]
Preview
PDF (BAB I)
16Kb
[img]
Preview
PDF (BAB II)
444Kb
[img]PDF (BAB III)
Restricted to Repository staff only

12Kb
[img]PDF (BAB IV)
Restricted to Repository staff only

232Kb
[img]PDF (BAB V)
Restricted to Repository staff only

141Kb
[img]PDF (BAB VI)
Restricted to Repository staff only

241Kb
[img]
Preview
PDF (BAB VII)
11Kb
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
10Kb
[img]
Preview
PDF (LAMPIRAN)
354Kb

Abstract

ABSTRAK Sari jahe gajah (Zingiber officinale roscoe) merupakan sari jahe yang diperoleh dengan cara menghilangkan sebagian air dari sari jahe dengan menggunakan proses evaporasi hingga diperoleh tingkat kepekatan tertentu. Berdasarkan proses pengolahan sari jahe gajah (Zingiber officinale roscoe) yang mengalami proses pemanasan tentunya akan berpengaruh dengan kualitas sari jahe gajah tersebut. Guna mengatasi permasalahan pada kualitas sari jahe, evaporasi tersebut dapat digunakan teknologi mesin tipe Agitated Thin Film Evaporator bertekanan vakum. Agitated Thin Film Evaporator merupakan mesih evaporator berbentuk tabung vertikal atau horizontal dengan pemanas diluar tabung. Agitated Thin Film Evaporator beroperasi pada tekanan vakum atau tekanan di bawah 1 atm, tujuan dari kondisi operasi ini adalah agar proses penguapan dapat berlangsung pada kondisi suhu rendah, sehingga kerusakan yang disebabkan oleh suhu dapat dikurangi, sehingga kualitas sari jahe yang dihasilkan tetap terjaga. Sari jahe gajah (Zingiber officinale roscoe) yang telah di evaporasi tersebut kemudian dianalisa densitas, viskositas untuk mengetahui apakah kandungannya tetap atau semakin berkurang. Kata Kunci : sari jahe gajah (Zingiber officinale roscoe), evaporasi vakum

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TP Chemical technology
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
ID Code:69219
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:04 Feb 2019 14:35
Last Modified:04 Feb 2019 14:35

Repository Staff Only: item control page