PUSAT PROMOSI DAN INFORMASI BISNIS KOTA TEGAL

DWI P, INDRA (2004) PUSAT PROMOSI DAN INFORMASI BISNIS KOTA TEGAL. Undergraduate thesis, Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Undip.

[img]
Preview
PDF - Published Version
53Kb

Abstract

1.1 Latar Belakang Dalam menghadapi era pasar bebas Internasional, masyarakat Indonesia dituntut untuk kreatif dalam segala bidang sehingga tidak tertinggal dari negara-negara lain. Bangsa Indonesia yang memiliki kekayaan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang melimpah harus mampu untuk memanfaatkan dan menggali potensi-potensi tersebut sehingga mampu bersaing dengan negara lain dalam pasar internasional. Dengan adanya Undang-Undang No. 22 Tahun 1999 tentang Otonomi Daerah, Pemerintah Daerah diharuskan dapat mengembangkan potensi yang mampu untuk melaksanakan pemerintahannya sendiri, salah satunya Pemerintah Kota Tegal. Pemerintah Kota Tegal melihat potensi yang ada di Tegal cukup besar. Letak Kota Tegal yang sangat strategis karena terletak pada persimpangan jalur pantura (pantai utara Jawa), yaitu : jalur menuju Cirebon, Jakarta dan Bandung, jalur menuju Purwokerto dan Cilacap, serta jalur menuju Semarang, Surabaya dan Solo. Kondisi seperti inilah yang membentuk Kota Tegal sebagai suatu kota transit yang memiliki mobilitas perekonomian yang cukup tinggi di jalur pantura. Untuk itu, pemerintah Kota Tegal memiliki ide untuk mengembangkan Kota Tegal tidak hanya sebagai kota transit saja tetapi juga mampu untuk menjadi kota dagang yang mampu mengangkat perekonomian masyarakat kota Tegal dan sekitarnya serta mampu menjadi medan magnet dan menjadi kota andalan bagi masyarakat Jawa Tengah bagian barat. Tuntutan ini memaksa pemerintah Kota Tegal untuk segera melengkapi sarana dan prasarana yang mampu untuk menunjang kegiatan perekonomian yang ada dan sedang berkembang di Kota Tegal dan daerah sekitarnya. Salah satu prioritas utama adalah pembangunan sebuah wadah yang mampu untuk menampung kegiatan pada sektor industri dan perdagangan yang sedang berkembang di Kota Tegal dan sekitarnya serta mampu untuk mempromosikan hasil industri tersebut ke taraf nasional maupun internasional. Dengan dasar pemikiran inilah pemerintah Kota Tegal Pusat Promosi dan Informasi Bisnis ini diharapkan mampu untuk memperkenalkan dan mempromosikan hasil industri yang ada di Kota Tegal dan sekitarnya ke pasar nasional maupun pasar internasional. Disamping itu tempat ini diharapkan dapat sebagai wadah yang mampu untuk mengembangkan industri Kota Tegal dan sekitarnya ke arah yang lebih maju dengan cara menjalin kerjasama dengan relasi bisnis baik dalam negeri maupun luar negeri. Dengan semakin majunya perindustrian di Kota Tegal, pemerintah Kota Tegal dan sekitarnya. 1.2 Tujuan dan Sasaran 1. Tujuan Merencanakan sebuah Pusat Promosi dan Informasi Bisnis di Kota Tegal sebagai suatu wadah yang mampu untuk memperkenalkan dan mempromosikan hasil industri Kota Tegal dan sekitarnya sehingga pada akhirnya akan memajukan Industri di Kota Tegal dan sebagai tujuan akhir adalah meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Tegal. 2. Sasaran Penyusunan Landasan Program Perencanaan dan Perancangan Arsitektur (LP3A) dengan judul Pusat Promosi dan Informasi Bisnis di Kota Tegal. 1.3 Manfaat 1. Secara Subyektif a. Memenuhi salah satu persyaratan dalam menempuh Tugas Akhir sebagai ketentuan kelulusan Sarjana Strata 1 (S1) pada jurusan Arsitektur Fakultas Teknik UNDIP Semarang. b. Sebagai pedoman dalam penyusunan Landasan Perencanaan dan Perancangan Arsitektur (LP3A). 2. Secara Obyektif a. Usulan tentang perencanaan dan perancangan Pusat Promosi dan Informasi Bisnis di Kota Tegal dan Pemerintah Daerah pada khususnya. b. Bagi pembangunan di sektor industri dan perdagangan diharapkan dapat menjadi suatu wadah yang dapat memajukan dan mempromosikan industri di Kota Tegal. c. Sebagai sumbangan perekembangan ilmu dan pengetahuan arsitektur pada khususnya. 1.4 Lingkup Pembahasan 1. Ruang Lingkup Substansial a. Perencanaan dan perancangan Pusat Promosi dan Informatika Bisnis di Kota Tegal dengan aktivitas-aktivitas yang ada didalamnya merupakan suatu perencanaan dan perancangan yang dapat dikategorikan ke dalam bangunan tunggal b. Pusat Promosi dan Informasi Bisnis yang direncanakan merupakan suatu wadah / tempat untuk mempromosikan / memamerkan produk-produk unggulan Kota Tegal dan sekitarnya serta sebagai wadah untuk mencari, menampung dan memberikan Informasi Bisnis di Era Pasar Bebas Internasional. 2. Ruang Lingkup Spasial Pusat Promosi dan Informasi Bisnis di Kota Tegal direncanakan di Kota Tegal dengan pertimbangan tapak terletak di Jalur Pantura sehingga memudahkan aksesibilitas pengguna Pusat Promosi dan Informasi Bisnis menuju ke bangunan. 1.5 Metode Pembahasan Metode pembahasan yang dilakukan dalam penulisan ini adalah pembahasan secara deskriptif, yaitu dengan mengadakan pengumpulan data melalui studi literatur dan observasi lapangan, untuk kemudian dianalisa dan dilakukan suatu pendekatan yang menjadi dasar penyusunan konsep program perencanaan dan perancangan. Tahap pengumpulan data yang dimaksud dilakukan melalui : 1. Studi Literatur Yaitu dengan mempelajari buku-buku yang berkaitan dengan teori, konsep dan standar perencanaan dan perancangan Pusat Promosi dan Informasi Bisnis. 2. Wawancara Melakukan wawancara mengenai masalah-masalah yang berkaitan dengan perencanaan dan perancangan Pusat Promosi dan Informasi Bisnis (PPIB) dari berbagai narasumber yang terkait. 3. Studi Banding Melakukan perbandingan terhadap hasil observasi yang dilakukan pada beberapa bangunan yang berfungsi sama dan alternatif tapak yang dipilih untuk analisa kriteria yang diterapkan pada PPIB yang diprogramkan. 1.6 Sistematika Pembahasan Sistematika pembahasannya disusun dengan urutan sebagai berikut : BAB I PENDAHULUAN Menguraikan tentang latar belakang perlunya perencanaan dan perancangan sebuah Pusat Promosi dan Informasi Bisnis Kota Tegal, tujuan dan sasaran yang ingin dicapai, manfaat, lingkup, metode, dan sistematika pembahasan. BAB II TINJAUAN PUSTAKA Menguraikan tentang pengertian umum dari pusat promosi dan informasi bisnis melalui literatur yang ada. Juga terdapat studi banding ke Java Desain Center dan Pusat Perdagangan lainnya. BAB III TINJAUAN KOTA TEGAL Berisikan tinjauan tentang kondisi kota Tegal, serta tinjauan mengenai industri dan perdagangan di Kota Tegal. BAB IV KESIMPULAN, BATASAN, DAN ANGGAPAN Berisikan kesimpulan, batasan dan anggapan dari pembahasan yang telah dilakukan pada bab-bab sebelumnya. Kesimpulan menguraikan hal-hal mengenai sebuah Pusat Promosi dan Informasi Bisnis yang ideal, dimana digunakan sebagai dasar penyusunan konsep dan program perancangan, sedangkan batasan dan anggapan untuk mempertegas sejauh mana konsep perencanaan dan perancangan yang akan dilakukan, guna membatasi masalah yang terjadi sesuai dengan disiplin ilmu arsitektur. BAB V PENDEKATAN PROGRAM PERENCANAAN DAN PERANCANGAN Berisikan analisa tentang pendekatan-pendekatan yang dilakukan untuk mendapatkan program perencanaan dan perancangan dari sebuah pusat promosi dan informasi bisnis. BAB VI KONSEP DAN PROGRAM DASAR PERANCANGAN Berisikan Landasan Program Perencanaan dan Perancangan dari sebuah Pusat Promosi dan Informasi Bisnis.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:N Fine Arts > NA Architecture
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering
Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering
ID Code:6919
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:17 Feb 2010 15:10
Last Modified:17 Feb 2010 15:10

Repository Staff Only: item control page