KAJIAN LAHAN KRITIS DAN KARAKTERISTIK SOSIAL-EKONOMI MASYARAKAT DI KAWASAN DATARAN TINGGI DIENG (Studi Kasus: Kec. Batur, Kabupaten Banjarnegara)

HIDAYAT, Muhammad Anwar and RUDIARTO, Iwan (2015) KAJIAN LAHAN KRITIS DAN KARAKTERISTIK SOSIAL-EKONOMI MASYARAKAT DI KAWASAN DATARAN TINGGI DIENG (Studi Kasus: Kec. Batur, Kabupaten Banjarnegara). Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF
142Kb

Abstract

Penelitian ini akan mengkaji mengenai kawasan lahan kritis dan karakteristik sosial ekonomi masyarakat di Kawasan Dataran Tinggi Dieng. Berdasarkan kondisi fisik alam Dataran Tinggi Dieng mempunyai ketinggian tempat kurang lebih 2.095 meter di atas permukaan laut (mdpl), topografi (kelerengan) lingkungan rata-rata di atas 40%. Kondisi fisik alam kawasan ini sangat rawan terjadinya proses degradasi lahan, disisi lain secara alami Kawasan Dieng juga mempunyai curah hujan rata-rata tahunan lebih dari 3.000 mm. Seiring dengan perkembangan manusia dan semakin meningkatnya kebutuhan akan lahan baik untuk aktivitas budidaya non terbangun (pertanian, perkebunan, perikanan, dll) maupun untuk aktivitas budidaya terbangun (perumahan, perkantoran, fasilitas umum, dll) menyebabkan kondisi ekosistem alam berupa keanekaragaman hayati (biodiversitas) mengalami ketidak seimbangan.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
T Technology > Computer engineering. Embedded system. Network. Softwares. Robotics. Multimedia
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Urban and Regional Planning
ID Code:69179
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:31 Jan 2019 14:42
Last Modified:31 Jan 2019 14:42

Repository Staff Only: item control page