PENGARUH FAKTOR KERUANGAN DAN NON-KERUANGAN TERHADAP POLA PENGGUNAAN MODA TRANSPORTASI PEKERJA YANG TINGGAL DI DAERAH PINGGIRAN KOTA SEMARANG

NUGROHO, Agustinus Catur and RUDIARTO, Iwan (2015) PENGARUH FAKTOR KERUANGAN DAN NON-KERUANGAN TERHADAP POLA PENGGUNAAN MODA TRANSPORTASI PEKERJA YANG TINGGAL DI DAERAH PINGGIRAN KOTA SEMARANG. Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF
85Kb

Abstract

Perkembangan kota Semarang meningkatkan kebutuhan lahan, sementara ketersediaan lahan dipusat kota sangat terbatas. Akibatnya nilai lahan dipusat kota menjadi tinggi dan mendorong penggunaan lahan untuk kegiatan ekonomi, sedangkan permukiman penduduk cenderung berkembang di daerah pinggiran yang harga lahannya lebih murah dibandingkan dengan pusat kota. Disisi lain aktivitas bekerja pekerja yang tinggal di pinggiran masih berorientasi pada pusat kota. Kondisi tersebut menjadikan pekerja yang tinggal di pinggiran kota berpotensi membangkitkaan perjalanan yang tinggi menuju ke pusat kota untuk aktivitas bekerja. Pekerja pinggiran cenderung menggunakan kendaraan pribadi untuk aktivitas bekerjanya, sehingga menimbulkan permasalahan transportasi terkait dengan tidak seimbangnya jumlah kendaraan pribadi dengan kapasitas jalan dan menimbulkan kemacetan.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Urban and Regional Planning
ID Code:69067
Deposited By:Mr/Ms S2 PWK Undip
Deposited On:28 Jan 2019 10:17
Last Modified:28 Jan 2019 10:17

Repository Staff Only: item control page