HUBUNGAN KARAKTERISTIK DOSEN DENGAN PROSES PEMBELAJARAN DI AKPER KOTABUMI LAMPUNG UTARA

MAJID, JOHAN A (2003) HUBUNGAN KARAKTERISTIK DOSEN DENGAN PROSES PEMBELAJARAN DI AKPER KOTABUMI LAMPUNG UTARA. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
32Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Pendidikan tenaga kesehatan lebih menekannkan pada tenaga kesehatan yang memiliki pengetahuan, ketrampilan dan sikap ilmiah dalam bidang kesehatan. Setiap tenaga dosen dituntut mampu untuk menggunakan strategi, teknik, media dan Garis-Garis Besar Program Pembelajaran (GBPP)serta petunjuk pelaksanaan program pembelajaran. Akper Kotabumi Lampung Utara merupakan lembaga pendidikan Diploma III Keperawatan di Kabupaten Lamoung Utara dan mampu menyelenggarakan pendidikan kepada mahasiswanya dengan dosen sebagai tenaga pendidik yang merupakan suatu unsur penunjang proses pembelajaran sebagai sumber keilmuan bagi mahasiswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan karakteristik dosen dengan proses pembelajaran di Akper Kotabumi Lampung Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian descriptive explanatory yaitu dengan menggunakan metode survei dengan pendekatan cross sectionsl. Populasi penelitian ini adalah semua dosen Akper Kotabumi Lampung Utara pada tahun 2003 yang aktif melaksanakan tugas mengajar dengan sampel terdiri 13 orang dosen tetap dan 25 orang dosen tidak tetap. Analisa data dengan menggunakan uji Pearson Chi Square pada alfa= 0,05, untuk mengetahui hubungan variabel bebas dengan variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan jenis kelamin dengan proses pembelajaran, ada hubungan antara umur dengan proses pembelajaran di kelas, tidak ada hubungan umur dengan proses pembelajaran praktek. Tidak ada hubungan status kepegawaian denga proses pembelajaran,ada hubungan tingkat pendidikan dengan proses pembelajaran, ada hubungan pelatihan dengan proses pembelajran di kelas, evaluai praktek dan tidak ada hubungan pelatihan dengan proses pembelajaran dalam hal perencanaan dan pengembangan praktek. Tidak ada hubungan pengalaman kerja di Akper dan di luar Akper dengan proses pembelajaran. Berdasarkan saran yang disampaikan kepada institusi yaitu membuat suatu peraturan kegiatan dalam proses pembelajaran, melakukan evaluasi, memberikan sangsi bagi yang tidak mentaati peraturan tersebut, memberikan pengahrgaan kepada dosen yang berprestasi Kata Kunci: Jenis kelamin, umur, tingkat pendidikan, status kepegawaian, pengalaman kerja, proses pembelajaran CORRELATION BETWEEN THE CHARACTERISTIC OF LECTURE WITH THE PROCESS OF STUDIES AT ACADEMY OF NURSE KOTABUMI NORTH LAMPUNG Education of health energy more amphasizing at health energy owning knowledge, skilled and erudite attitide in the field of health. Each energy lecture claimed able to use the strategy, technique, media and outline program the study (GBPP) and also execution guide program the study. Academy of Nurse Kotabumi North Lamoung represent the institute of education of Diploma of III Treatment in Regency of north lampuung able to carry out the education to its student by lecture as educator energy representing supporter element process study as science source for student. Target in this research is to know the relation of charcteristic lecture with the study process in Academy of Nurse Kotabumi North Lampung. Kind of research is research of descriptive explanatory that is using method survey with the approach of cross sectional. This research population is all lecture Academy of Nurse Kotabumi the North in the year 2003 active execute the duty teach by sample is composed by 13 people lecture remain to and 25 erratic people lecture. Analyse the data by using test of Pearson Chi Square at alfa = 0,05, to know the free variable relation with the variable trussed. Result of research indicate that {there} no gender relation with the study process, there is relation old age with the study process in class, there is no relation old age with the study process practice. There is no relation of officer status with the study process, there is relation mount the education with the study process, there is training relation with the study process in class, evaluate the practice and there is no training relation with the study process in the case of planning and development practice. There is no relation of jop experience in Academy of Nurse and outside Academy of Nurse with the study process. Pursuant to suggestion submitted to institution that is make an activity regulation in course of study, doing evaluation, giving dubious for which do not adhere the reguloation, giving appreciacion to lecture which have achievement. Keyword : Gender, age, mount the education, officer status, job experience, process of education

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:6883
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:17 Feb 2010 13:41
Last Modified:17 Feb 2010 13:41

Repository Staff Only: item control page