PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI OKRA MERAH (Abelmoschus esculentus L. Moench) PADA DOSIS PEMUPUKAN KOMPOS SERASAH YANG BERBEDA DAN PEMANGKASAN DAUN

HABIBA, RIFNA NUR and Slamet, Widyati and Fuskhah, Eny (2018) PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI OKRA MERAH (Abelmoschus esculentus L. Moench) PADA DOSIS PEMUPUKAN KOMPOS SERASAH YANG BERBEDA DAN PEMANGKASAN DAUN. Undergraduate thesis, FACULTY OF ANIMAL AND AGRICULTURAL SCIENCES.

[img]
Preview
PDF
197Kb
[img]
Preview
PDF
80Kb
[img]
Preview
PDF
280Kb
[img]
Preview
PDF
128Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

120Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

978Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1502Kb

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengkaji pengaruh interaksi antara dosis pupuk kompos serasah yang berbeda dan pemangkasan terhadap pertumbuhan dan produksi okra merah. Penelitian dilakukan di lahan percobaan dan Laboratorium Ekologi dan Produksi Tanaman, Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro, Semarang dari bulan Maret – Mei 2017. Rancangan Penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola Faktorial 4x2 tiga kali ulangan, faktor pertama yaitu dosis pupuk kompos serasah (K) dengan perlakuan K1 (0 kg N/ha), K2 (50 Kg N/ha), K3 (100 Kg N/ha), dan K4 (150 Kg N/ha). Faktor kedua adalah pemangkasan (P) dengan perlakuan P1 (tidak dipangkas) dan P2 (dipangkas). Parameter yang diamati adalah diameter batang, jumlah daun, berat buah per petak, jumlah buah per petak dan jumlah buah per tanaman. Data hasil penelitian diolah dengan analisis ragam (Uji F), apabila terdapat pengaruh nyata maka dilakukan uji lanjut Uji Jarak Berganda Duncan (UJBD) pada taraf 5%. Perlakuan dosis pupuk kompos serasah dan pemangkasan berpengaruh nyata terhadap semua parameter yang diamati. Hasil uji lanjut menunjukkan bahwa dosis kompos serasah menunjukkan perbedaan yang nyata antar perlakuan. Semakin tinggi dosis kompos serasah akan meningkatkan diameter batang, jumlah daun, dan jumlah buah per petak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh interaksi pada perlakuan dosis pupuk kompos serasah dan pemangkasan. Hasil uji lanjut (UJBD) menunjukkan bahwa dengan dosis 150 kg N/ha berbeda nyata lebih tinggi pada perlakuan diameter batang, jumlah daun, dan berat buah per petak lebih tinggi dibandingkan dengan dosis 0, 50, 100 kg N/ha. Hasil uji lanjut (UJBD) menunjukkan bahwa jumlah buah per tanaman dan jumlah buah per petak pada dosis kompos serasah 0 dan 50 kg N/ha tidak berbeda nyata, tetapi berbeda nyata dengan pemberian dosis kompos serasah 100 dan 150 kg N/ha. Perlakuan pemangkasan daun dapat meningkatkan pertumbuhan dan produksi okra merah. Simpulan dari penelitian yang telah dilaksanakan adalah dosis pupuk kompos serasah dan pemangkasan secara bersama – sama tidak terdapat pengaruh interaksi pertumbuhan dan produksi okra merah. Semakin tinggi dosis kompos serasah sampai 150 kg N/ha meningkatkan pertumbuhan dan produksi okra merah. Pemangkasan meningkatkan pertumbuhan dan produksi okra merah dibanding tanaman yang tidak dipangkas.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agroecotechnology
ID Code:68829
Deposited By:Mr. Perpus FP Admin
Deposited On:17 Jan 2019 11:13
Last Modified:17 Jan 2019 11:13

Repository Staff Only: item control page