Kepemimpinan Transformational Sebagai Upaya Peningkatan Pendidikan Perawat Untuk Mendukung Layanan Keperawatan Profesional: Literatur Review

HERLINA , HERLINA and KUSUMA, HENNI (2017) Kepemimpinan Transformational Sebagai Upaya Peningkatan Pendidikan Perawat Untuk Mendukung Layanan Keperawatan Profesional: Literatur Review. In: Seminar Nasional Keperawatan dan Call for Paper "Pengembangan Intervensi Keperawatan Berfokus kepada Pasien", 25 November 2017, Semarang.

[img]
Preview
PDF
4Mb

Official URL: https://keperawatan.undip.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Peningkatan pendidikan bagi setiap perawat merupakan hal yang sangat penting. Hal ini dikarenakan dengan peningkatan ilmu pengetahuan baik melalui seminar, pelatihan, maupun studi lanjut maka kualitas pelayanan keperawatan juga akan semakin meningkat dalam mendukung kesehatan masyarakat yang optimal. Pendekatan kepemimpinan transformational merupakan salah satu yang dapat mendukung upaya ini. Tujuan: Studi literatur ini bertujuan untuk menjelaskan terkait peningkatan pendidikan bagi perawat untuk mendukung layanan keperawatan profesional dipandang dari sisi kepemimpinan transformasional. Metode: Penelitian ini menggunakan metode literature review. Adapun penelusuran artikel pada studi ini melalui Science Direct, PubMed, Cinahl, Medline, EBCSO, dan Google Scholar dengan menggunakan kata kunci sebagai berikut: Leadership, Transformational, dan Nursing Education. Pencarian itu terbatas pada artikel penelitian dalam bentuk fulltext yang ditulis pada tahun 2012 sampai 2017. Selain itu, penelusuran ini juga memenuhi kriteria sebagai berikut artikel penelitian 5 tahun terakhir, undang-undang/textbook/materi kuliah umum terbitan 10 tahun terakhir, serta literatur dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Literatur yang sesuai dengan kriteria berjumlah 14 buah, kemudian dianalisa secara narasi. Hasil: Penelusuran data dengan menggunakan kata kunci dan kriteria pada electronik data based di atas, didapatkan 6 buah penelitian, perundang-undangan 5 buah, textbook 2 buah dan paparan kuliah umum 1 kali. Berdasarkan penelusuran literatur tersebut dikatakan bahwa kepemimpinan transformational sangat bermanfaat dalam peningkatan pendidikan perawat. Hal ini meliputi hasil sebagai berikut: 1). Diperlukannya pendidikan tinggi untuk perawat melakukan perawatan profesional, 2). Pendidikan berkelanjutan untuk peningkatan pelayanan keperawatan sangat diperlukan untuk dapat meningkatkan pengetahuan dan kepuasan dalam memberikan layanan kesehatan profesional, dan 3). Diperlukan metode kepemimpinan transformational untuk mewujudkan harapan peningkatan pendidikan perawat dalam mendukung pelayanan profesional di bidang keperawatan. Kesimpulan: Transformatinal leadership dengan cara memotivasi perawat untuk meningkatkan pendidikannya baik formal maupun non formal sangat menunjang pencapaian kompetensi perawat yang optimal dalam pelayanan kesehatan profesional. Kata kunci: Kepemimpinan Transformational, Pendidikan Perawat, Layanan Keperawatan Profesional.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:68710
Deposited By:Mr Bekti Iskandar
Deposited On:15 Jan 2019 07:44
Last Modified:15 Jan 2019 07:44

Repository Staff Only: item control page