ANALISIS PERSEPSI PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN PUSKESMAS DAN HUBUNGANNYA DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS LEYANGAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2018

TAEKAB, APRINA HETIKUS (2018) ANALISIS PERSEPSI PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN PUSKESMAS DAN HUBUNGANNYA DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS LEYANGAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2018. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
43Kb

Abstract

Puskesmas sebagai salahasatu unit pelayananakesehatan tingkat pertama merupakan tolak ukur pembangunan kesehatan serta menjadi bukti bentuk keikutsertaan masyarakat. Selama ini, belum semua layanan puskesmas memberikan pelayanan bermutu yang bisa memberikan kepuasan kepada pasien. Berdasarkan hasil prasurvey pada Puskesmas Leyangan Kabupaten Semarang terdapat beberapa permasalahan yang terjadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan persepsi pasien terhadap mutu pelayanan puskesmas dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Leyangan Kabupaten Semarang tahun 2018. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional.Lokasi penelitian bertempat di Puskesmas Leyangan Kabupaten Semarang dengan populasi sebanyak 5.438 orang pasien dengan sampel sebanyak 100 responden dengan alat pengumpulan data berupa kuesioner dan dianalisis dengan analisis univariat dan bivariat dengan uji chi-square. Hasil analisis univariat menunjukkan bahwa pada mutu pelayanan, responden yang termasuk dalam kategori baik lebih banyak daripada responden yang kurang baik.Hasil uji statistik menggunakan uji chi-square menunjukkanbahwa terdapat hubungan antara mutu pelayanan berdasarkan dimensi tangible (bukti fisik) dengan kepuasan pasien. Terdapat hubungan antara mutu pelayanan berdasarkan dimensi reliability (kehandalan) dengan kepuasan pasien.Terdapat hubungan antara mutu pelayanan berdasarkan dimensi responsiveness (daya tanggap) dengan kepuasan pasien. Terdapat hubungan antara mutu pelayanan berdasarkan dimensi empathy (empati) dengan kepuasan pasien. Terdapat hubungan antara mutu pelayanan berdasarkan dimensi assurance (jaminan) dengan kepuasan pasien. Dengan masing-masing pvalue = 0,000 Kata Kunci: Persepsi, Pasien, Mutu Pelayanan, Kepuasan, Rawat Jalan

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:68697
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 Jan 2019 14:22
Last Modified:14 Jan 2019 14:22

Repository Staff Only: item control page