FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KUALITAS TIDUR PADA REMAJA USIA 15-18 TAHUN (STUDI PADA SISWA DI SMA N 1 UNGARAN KECAMATAN UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG)

YOLANDA, ANISA AYU (2018) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KUALITAS TIDUR PADA REMAJA USIA 15-18 TAHUN (STUDI PADA SISWA DI SMA N 1 UNGARAN KECAMATAN UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
46Kb

Abstract

Penerapan full day school dapat memberikan dampak terhadap kuantitas dan kualitas tidur. SMAN 1 Ungaran merupakan salah satu sekolah di Kabupaten Semarang yang telah menerapkan sistem 5 hari sekolah (full day school). Tujuan penelitian ini menganalisis faktor yang berhubungan dengan kualitas tidur pada remaja usia 15-18 tahun. Jenis penelitian yang digunakan yaitu analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan pada Bulan Juni hingga Desember 2018, di SMAN 1 Ungaran dengan jumlah sampel yaitu 102 siswa yang dipilih dengan multistages random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara menggunakan Adolescent Sleep Hygiene Scale (ASHS) dan Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI). Analisis data menggunakan uji Rank-Spearman. Hasil menunjukkan bahwa responden memiliki aktivitas fisik kategori ringan (63,7%), kebiasaan screen based activity buruk (93,1%), kebiasaan sleep hygiene buruk (54,9%), serta memiliki kualitas tidur buruk (76,5%). Berdasarkan analisis bivariat menunjukkan bahwa ada hubungan antara sleep hygiene dengan kualitas tidur (p=0,003). Sementara itu, tidak ada hubungan antara aktivitas fisik (p=0,927) dan screen based activity (p=0,216) dengan kualitas tidur Kata Kunci: Kualitas tidur, remaja, aktivitas fisik, screen based activity, sleep hygiene

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:68660
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:14 Jan 2019 09:57
Last Modified:14 Jan 2019 09:57

Repository Staff Only: item control page