FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN STATUS GIZI BAYI USIA 0-6 BULAN (STUDI KASUS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS GEBANG, KECAMATAN GEBANG, KABUPATEN PRUWOREJO)

JUNIAR, DEVY AULIA (2018) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN STATUS GIZI BAYI USIA 0-6 BULAN (STUDI KASUS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS GEBANG, KECAMATAN GEBANG, KABUPATEN PRUWOREJO). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
35Kb

Abstract

Status gizi bayi merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat di Indonesia. Hasil studi pendahuluan di Puskesmas Gebang menunjukkan prevalensi wasting (1,11%), underweight (7,64%), dan stunting (2,77%) tahun 2017. Angka ini menunjukkan bahwa status gizi bayi di wilayah kerja Puskesmas Gebang menjadi masalah gizi masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan status gizi bayi usia 0-6 bulan di wilayah kerja Puskesmas Gebang Kabupaten Purworejo. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian terdiri dari 75 bayi dan sampel terdiri dari 46 bayi usia 0-6 bulan yang diambil dengan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian menggunakan timbangan berat badan bayi, infantometer, buku KIA, dan kuisioner. Analisis bivariat menggunakan uji pearson product moment, rank spearman, dan chi square. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara pola asuh dengan PB/U (p=0,048).Ada hubungan kadar Hb ibu hamil trimester III dengan berat badan lahir bayi (p=0,033).Tidak ada hubungan antara LILA ibu hamil trimester III, kadar Hb ibu hamil trimeter III, praktik pemberian ASI eksklusif, riwayat penyakit infeksi, pola asuh, sanitasi air bersih, berat badan lahir bayi, panjang badan lahir bayi, pendidikan ibu, dan status pekerjaan ibu dengan status gizi bayi (p>0,05).Tidak ada hubungan pola asuh dengan BB/U dan BB/PB (p>0,05).Tidak ada hubungan antara LILA ibu hamil trimester III dengan berat badan lahir bayi dan panjang badan lahir bayi (p>0,05). Tidak ada hubungan kadar hemoglobin ibu hamil trimester III dengan panjang lahir bayi (p>0,05).Ibu bayi diharapkan lebih memperhatikan pola pengasuhan bayi dan memantau pertumbuhan bayi secara berkala Kata Kunci: status gizi bayi usia 0-6 bulan, ASI eksklusif,riwayat penyakit infeksi, pola asuh

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:68626
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:11 Jan 2019 14:39
Last Modified:11 Jan 2019 14:39

Repository Staff Only: item control page