FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN DEFENSIVE DRIVING PADA PENGEMUDI BUS RAPID TRANSIT (BRT)TRANS SEMARANG KORIDOR II, III, DAN VI

CHARISMA, YUWAN MARTUS TEGAR (2018) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN DEFENSIVE DRIVING PADA PENGEMUDI BUS RAPID TRANSIT (BRT)TRANS SEMARANG KORIDOR II, III, DAN VI. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
45Kb

Abstract

Defensive driving adalah keterampilan mengemudi untuk mempertahankan diri dari kemungkinan kecelakaan yang disebabkan oleh perilaku pengemudi yang tidak baik. Pengemudi menjadi salah satu faktor penyebab kecelakaan lalu lintas, seperti kurangnya antisipasi, kelalaian saat mengemudi, dan mengemudi di bawah pengaruh alkohol. Pemahaman tentang praktik defensive driving yang baik pada pengemudi Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang bertujuan supaya pengemudi menjadi lebih defensif, waspada, dan dapat mengantisipasi keadaan sehingga tidak terjadi kecelakaan lalu lintas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan defensive driving pada pengemudi Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang Koridor II, III, dan VI. Jenis penelitian yang digunakan adalah survei analitik dengan pendekatan cross sectional study. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pengemudi Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang Koridor II, III, dan VI berjumlah 83 orang dan sampel yang digunakan berjumlah 43 orang. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel berupa proportional random sampling. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dan observasi. Uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji chi square. Diperoleh variabel yang berhubungan dengan defensive driving pada pengemudi Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang Koridor II, III, dan VI adalah pengetahuan (p=0,024), sikap (p=0,001), persepsi (p=0,005), kondisi kendaraan (p=0,004), peranatasan (p=0,001) dan variabel yang tidak berhubungan pelatihan defensive driving (p=1,00) dan dukungan rekan kerja (p=0,767).Penelitian ini menyarankan agar pelatihan defensive driving harus diberikan kepada pengemudi, kampanye keselamatan penggunaan sabuk pengaman untuk seluruh penumpang, dan membuat diskusi dengan topik defensive driving setiap minggu Kata Kunci: Defensive Driving, Pengemudi, Bus Rapid Transit (BRT)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:68595
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:11 Jan 2019 10:26
Last Modified:11 Jan 2019 10:26

Repository Staff Only: item control page