HUBUNGAN KUALITAS LAMPU ULTRAVIOLET (UV) DENGAN KUALITAS BAKTERIOLOGIS AIR MINUM HASIL PRODUKSI DEPOT AIR MINUM ISI ULANG (DAMIU)(Studi Di Kecamatan Pontianak Selatan Kota Pontianak)

NAVRATINOVA, SUSTIKA (2018) HUBUNGAN KUALITAS LAMPU ULTRAVIOLET (UV) DENGAN KUALITAS BAKTERIOLOGIS AIR MINUM HASIL PRODUKSI DEPOT AIR MINUM ISI ULANG (DAMIU)(Studi Di Kecamatan Pontianak Selatan Kota Pontianak). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
43Kb

Abstract

Peningkatan jumlah depot harus dibarengi dengan pengawasan kualitas air minum yang aman bagi masyarakat selaku konsumen. Ada beberapa penyebab air minum pada depot terkontaminasi bakteri coliform, salah satunya adalah kurang maksimalnya desinfeksi sinar UV pada proses pengolahan air minum. Proses desinfeksi ini sangat penting dalam proses pengolahan air minum dalam membunuh bakteri coliform. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan proses desinfeksi sinar UV dengan kualitas bakteriologis pada DAMIU di Kecamatan Pontianak Selatan Kota Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan desain studi cross sectional. Sampel dari penelitian ini adalah 30DAMIU di Kecamatan Pontianak Selatan yang diambil berdasarkan purposive sampling. Analisis data menggunakan Uji Chi Square. Hasil pengukuran terdapat 4 DAMIU yang memiliki masa pemakaian lampu kurang baik, 16 DAMIU dengan lama waktu pengisian air kedalam galon yang kurang baik, 30 DAMIU memiliki ukuran lampu yang memenuhi syarat. 6 DAMIU tidak memenuhi syarat kualitas bakteriologis air baku. 7 DAMIU tidak memenuhi syarat higiene sanitasi dan kualitas bakteriologis air minum. Hasil hubungan menunjukkan bahwa ada hubungan antara hygiene sanitasi (p= 0,000) dengan kualitas bakteriologis air minum. Namun tidak ada hubungan yang signifikan antara masa pemakaian lampu UV (p = 1,000), lama pengisian air kedalam galon (p = 1,000), dan kualitas bakteriologis air baku (p = 0,120) dengan kualitas bakteriologis air minum. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ada hubungan antara proses desinfeksi sinar UV dengan kualitas bakteriologis air minum. Disarankan kepada dinas terkait untuk tetap melakukan pembinaan dan pemeriksaan kualitas air DAMIU secara rutin Kata Kunci: depot air minum isi ulang, desinfeksi, sinar ultraviolet

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:68566
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:10 Jan 2019 14:31
Last Modified:10 Jan 2019 14:31

Repository Staff Only: item control page