STUDI TENTANG GETARAN YANG TERJADI DI RUANG PENUMPANG ARMADA BUS PERIWISATA (AC) PO SAFARI EKA KAPTI SEBELUM DAN SESUDAH PELAKSANAAN UJI KIR

HENDRO P.T. , R.M. DONNY (2008) STUDI TENTANG GETARAN YANG TERJADI DI RUANG PENUMPANG ARMADA BUS PERIWISATA (AC) PO SAFARI EKA KAPTI SEBELUM DAN SESUDAH PELAKSANAAN UJI KIR. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
10Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari manusia memiliki berbagai aktivitas yang berhubungan dengan getaran. Penelitian K3 yang sering dilakukan adalah mengambil sampel danpopulasi pada masyarakat umum dan tidak mengambil sampel dan populasi sipeneliti bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dan menganalisis hubungan signifikansi rata-rata getaran yang terjadi di dalam ruang penumpang armada bus pariwisata (AC) PO Safari Eka Kapti sebelum dan sesudah pelaksanaan Uji KIR. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh armada bus periwisata (AC) PO Safari Eka Kapti berjumlah 30 Bus. Hipotesis yang diajukan adalah Ho = Rata-Rata Hasil Uji Getaran Yang Terjadi Di Ruang Penumpang Armada Bus Periwisata (Ac) Po Safari Eka Kapti Sebelum Dan Sesudah Pelaksanaan Uji Kir Adalah Sama Dan Ha = Rata-Rata Hasil Uji Getaran Yang Terjadi Di Ruang Penumpang Armada Bus Periwisata (Ac) Po Safari Eka Kapti Sebelum Dan Sesudah Pelaksanaan Uji Kir Adalah Berbeda. Metode Analisis Yang Digunakan Adalah Metode Observasi Deskriptif Dengan Metode Cross Sectional Dengan Alat Bantu Statistik Uji Beda T-Test. Hasil Dari Pengolahan Data Hasil Pengukuran Getaran Pada Ruang Penumpang Armada Bus Periwisata (Ac) Po Safari Eka Kapti Sebelum Dan Sesudah Pelaksanaan Uji Kir Adalah Hasil Nilai T Sebesar 10,541 Dengan Signifikansi Sesuai Dengan Dasar Pengambilan Kesimpulan Uji Beda T-Test Bahwa Ho Ditolak Dan Ha Diterima. Hal Ini Berarti Bahwa Rata-Rata Hasiol Uji Getaran Yang Terjadi Di Ruang Penumpang Armada Bus Periwisata (Ac) Po Safari Eka Kapti Sebelum Dan Sesudah Pelaksanaan Uji Kir Adalah Berbeda. Hasil Penelitian Ini Menandakan Bahwa Terdapat Suatu Komitmen Dari Pihak Bus Po Safari Eka Kapti Untuk Terus Memberikan Pelayanan Kepada Penumpang Disamping Dengan Tujuan Utama Untuk Memberikan Keselamatan Baik Kepada Penumpang Dan Pengemudi Bus. Dari Observasi Di Lapangan Diperoleh Fakta Bahwa Hampir Seluruh Objek Yang Diteliti, Titik Rawan Getaran Atau Bagian Kendaraan Yang Memberikan Nilai Tertinggi Untuk Getaran Terjadi Bukan Pada Ruang Kemudi Akan Tetapi Malah Terjadi Pada Ruang Penumpang. Kata Kunci: getaran, uji KIR, uji beda t-testvibration, uji KIR STUDY ABOUT VIBRATION THAT HAPPENED IN ROOM PASSENGER OFARMADA BUS TOURISM (AC) PO SAFARI of EKA KAPTI BEFORE AND AFTER EXECUTION OF TEST KIR Abstract. Everyday Human Has A Various Activities That Related With Vibration. Many Of Research In Public Health, Having Sample And Population On Public Area. Teir Research Never Taking Sample And Population In Their Working Place. This Research Is Knowing And Analysedsugnification Between Vibration Value On The Bus Po Safari Eka Kapti Before And After Uji Kir. Population And Sample Of This Research Is All Of The Bus Tour Armada (With Ac) Po Safari Eka Kapti And There Is 30 Vehicles. Hypothesis Being Propose In This Research Is Ho = The Average Of Vibration Value On The Po Safari Eka Kapti Bus Tour Armada (With Ac) Passenger Cabin Before And After Uji Kir Is Same And Ha = The Average Of Vibration Value On The Po Safari Kapti Bus Tour Armada (With Ac) Passenger Cabin Before And After Uji Kir Is Different. Research Method's Is Descriptive Observation With Kolmogorov Smirnov And Paired Sample T-Test As Statistic Instruments. The Result Of Calculation Data On Vibration Value On Passenger Cabin Of Bus Tour Armada Po Safari Eka Kapti's Before And After Uji Kir Is Value Of T = 10.541 With Sig. Is 0.000. This Means That We Accept Ha And Refuse Ho. = Other Word Is That The Average Of Vibration Value On The Po Safari Eka Kapti Bus Tour Armada (With Ac) Passenger Cabin Before And After Uji Kir Is Different. Result Of This Research Is There Are A Commitment Of Po Safari Eka Kapti For Giving The Best Services For Consumer In Other Purpose For Take Care Of Passenger And Driver's Welfare. In The Field Observed Can Report That If The Result Of Uji Kir Is Not Meet The Standard From Governmment, Then Management As Soon As Possible Gets Vehicles Services. There Is Fact In The Field Observation, That Vibration Maximum Value Points Is Occur On The Passenger Cabin's Nor In The Driver Cabin's. Keyword: paired sample t-test

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:6856
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:17 Feb 2010 10:54
Last Modified:17 Feb 2010 10:54

Repository Staff Only: item control page