Pengaruh Peer Education terhadap self care penderita DM tipe 2.

Ferianto, Ferianto and Adi, M. Sakundarno and Rachma, Nurullya (2019) Pengaruh Peer Education terhadap self care penderita DM tipe 2. Masters thesis, Diponegoro University.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

7Mb

Abstract

Diabetes mellitus (DM) merupakan salah satu penyakit kronis yang masih menjadi masalah utama di Indonesia. Peer education sebagai salah satu upaya dalam penatalaksanaan DM secara significant dapat menurukan kecemasan, tingkat depresi, diabetes distress, serta meningkatkan pengetahuan, self management dan kualitas hidup penderita DMT2. Namun penelitian terkait peer education terhadap self care belum dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peer education terhadap self care penderita DM tipe 2. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain pre-test−post test control design, menggunakan total sampling dengan jumlah sampel 60 orang (34 dalam kelompok intervensi dan 26 dalam kelompok kontrol). Data dianalisis menggunakan uji t test independent dengan tingkat signififikansi 0.05. Hasil: di penelitian menunjukkan terdapat peningkatan self care penderita DM tipe 2. Hasil uji t test independent menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang significan tingkat self care penderita DM tipe 2 antara kelompok kontrol dan intervensi setelah dilakukan intervensi peer education (p= 0.001 <0.05). Peer education dapat meningkatkan self care penderita DM tipe 2 di Puskesmas Pandak I dan II. Diharapkan Puskesmas Pandak dapat bersinergi dan mengfasilitasi edukator sebaya dalam melaksanakan peer education sehingga dapat terlaksana secara berkelanjutan.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Nursing
ID Code:68549
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:10 Jan 2019 10:58
Last Modified:10 Jan 2019 10:58

Repository Staff Only: item control page