identifikasi sumber logam yang terkandung pada SPM (suspended particulate matter) di Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo denga Aplikasi Positive Matrix Factorization (PMF)

Rizky Sofri Hanafi, Rizky (2018) identifikasi sumber logam yang terkandung pada SPM (suspended particulate matter) di Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo denga Aplikasi Positive Matrix Factorization (PMF). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
265Kb

Abstract

Perkembangan Industri dan kegiatan manusia di Kecamatan Paiton yang sangat besar menyebabkan masalah lingkungan yang berbahaya yaitu, pencemaran udara yang disebabkan oleh Suspended Particulate Matter. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menentukan sumber-sumber potensial pada SPM di Kecamatan Paiton. Penentuan sumber dilakukan dengan model reseptor yang dikeluarkan oleh EPA yaitu PMF v 5.0. sebelum melakukan analisa kontribusi sumber, pertama sampel SPM akan dikumpulkan dengan menggunakan HVAS di Kecamatan Paiton. Setelah itu sampel di analisa kandungan logam dengan menggunakan alat ICP-MS, dan barulah data input berupa data konsentrasi SPM beserta konsentrasi logam didalamnya, dan data ketidakpastian konsentrasi. Berdasarkan hasil pengukuran konsentrasi SPM, Kecamatan Paiton memiliki konsentrasi PM tertinggi dengan rata-rata konsentrasi 150,34 μg/Nm3, Berdasarkan hasil model PMF v 5.0. didapatkan 3 faktor sumber yang diyakini berkontribusi terhadap konsentrasi PM di tiga lokasi. Tiga faktor sumber tersebut ialah PLTU & garam laut (41,3%); Debu tanah, debu jalan, dan pembakaran biomassa (41,1%); serta kendaraan bermotor (17,6%).

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
ID Code:68497
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:10 Jan 2019 09:28
Last Modified:10 Jan 2019 09:28

Repository Staff Only: item control page