PENGAWASAN TERHADAP PENGGUNAAN TENAGA KERJA ASING DI INDONESIA OLEH DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI PROVINSI JAWA TENGAH DALAM UPAYA PERLINDUNGAN TENAGA KERJA INDONESIA

TIARA, NONIKCA FLORENCE and SONHAJI, SONHAJI and SUHARTOYO, SUHARTOYO (2018) PENGAWASAN TERHADAP PENGGUNAAN TENAGA KERJA ASING DI INDONESIA OLEH DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI PROVINSI JAWA TENGAH DALAM UPAYA PERLINDUNGAN TENAGA KERJA INDONESIA. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
343Kb
[img]
Preview
PDF
224Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengawasan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah dalam mengawasi tenaga kerja asing yang bekerja di Jawa Tengah. Berdasarkan hasil penelitian pengawasan yang dilakukan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dalam hal terjadi pelanggaran mengenai tenaga kerja asing yang menduduki jabatan yang tidak sesuai dengan izin, maka Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi mengeluarkan nota pemeriksaan kepada perusahaan pengguna tenaga kerja asing yang melakukan pelanggaran, kemudian nota pemeriksaan tersebut sebagai dasar rekomendasi pencabutan IMTA (Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing) kepada Kementrian Ketenagakerjaan. Tenaga kerja asing yang bekerja di Jawa Tengah diwajibkan untuk dapat menguasai bahasa Indonesia dalam berkomunikasi sehari-hari. Hal ini sebagai salah satu sarana agar transfer of knowledge & transfer of knowhow (alih teknologi dan alih keahlian) oleh tenaga kerja asing kepada tenaga kerja pendamping dapat berjalan dengan baik dan agar ke depannya jabatan-jabatan yang diduduki tenaga kerja asing dapat diisi oleh Sumber Daya Manusia Tenaga Kerja Indonesia sendiri.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:Faculty of Law > Department of Law
ID Code:68451
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:08 Jan 2019 09:34
Last Modified:08 Jan 2019 09:34

Repository Staff Only: item control page