Pengaruh Dukungan Keluarga melalui Aplikasi SISTA (Sistem Informasi Self Treatment Anemia) terhadap Efikasi Diri Ibu Hamil dengan Anemia

Handayani, Sri and Anggorowati, Anggorowati and Agusman, Fery (2018) Pengaruh Dukungan Keluarga melalui Aplikasi SISTA (Sistem Informasi Self Treatment Anemia) terhadap Efikasi Diri Ibu Hamil dengan Anemia. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

7Mb

Abstract

Program Studi Magister Keperawatan Konsentrasi Keperawatan Komunitas Departemen Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro ABSTRAK Sri Handayani Pengaruh Dukungan Keluarga melalui Aplikasi SISTA (Sistem Informasi Self Treatment Anemia) terhadap Efikasi Diri Ibu Hamil dengan Anemia xviii + 84 halaman + 5 tabel + 2 bagan + 24 lampiran Zat besi adalah mineral yang sangat diperlukan oleh ibu hamil agar tidak terjadi anemia. Dukungan keluarga sangat diperlukan pada masa kehamilan. Upaya untuk memenuhi tugas perawatan keluarga di era modern seperti sekarang ini adalah dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk menjembatani antara petugas kesehatan dengan masyarakat umum termasuk pasien dan keluarga. Peneliti menggunakan smartphone berbasis android dengan aplikasi bernama SISTA (Sistem Informasi Self Treatment Anemia) dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan keluarga melalui aplikasi SISTA terhadap efikasi diri ibu hamil dengan anemia. Penelitian ini menggunakan desain quasi experiment without control group. Penelitian ini dilakukan di wilayah Puskesmas Gambirsari Surakarta pada bulan Juni-Juli 2018. Sampel penelitian ini sebanyak 33 responden ibu hamil dengan anemia. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner efikasi diri dan dianalisa dengan menggunakan Wilcoxon Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai mean efikasi diri sebelum dilakukan intervensi sebesar 33,73 dan meningkat menjadi 38,82 setelah intervensi. Hasil uji wilcoxon menunjukkan p value=0,034 (p value <0,05), artinya ada pengaruh dukungan keluarga melalui aplikasi SISTA terhadap efikasi diri ibu hamil dengan anemia. Dukungan keluarga melalui aplikasi SISTA dapat digunakan untuk meningkatkan efikasi diri ibu hamil dengan anemia. Perawat dan keluarga dapat memanfaatkan teknologi informasi menggunakan aplikasi SISTA untuk membantu dalam melakukan perawatan ibu hamil dengan anemia. Kata kunci: Aplikasi SISTA, Dukungan keluarga, Efikasi Diri, Ibu hamil dengan anemia. Referensi: 66 (2002-2017)

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Nursing
ID Code:68192
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:31 Dec 2018 14:52
Last Modified:31 Dec 2018 14:52

Repository Staff Only: item control page