HUBUNGAN ANTARA KELEKATAN AMAN TERHADAP IBU DENGAN KETIDAKPUASAN TUBUH PADA REMAJA PUTRI KELAS X DAN XI SMA PL DON BOSKO SEMARANG

Martiniasih, Ni Made and Indrawati, Endang Sri (2018) HUBUNGAN ANTARA KELEKATAN AMAN TERHADAP IBU DENGAN KETIDAKPUASAN TUBUH PADA REMAJA PUTRI KELAS X DAN XI SMA PL DON BOSKO SEMARANG. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF
415Kb

Abstract

Pada masa remaja, individu mulai membanding-bandingkan tubuh aktualnya dengan tubuh idealnya. Ketika remaja menyadari bahwa tubuh aktualnya berbeda dengan tubuh idealnya, maka ketidakpuasan tubuh dapat terbentuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kelekatan aman terhadap ibu dengan ketidakpuasan tubuh remaja putri kelas X dan XI SMA PL Don Bosko Semarang. Ketidakpuasan tubuh adalah pikiran dan perasaan negatif remaja terhadap tubuhnya. Kelekatan aman terhadap ibu adalah ikatan emosional erat antara remaja dan ibu yang dicirikan dengan adanya rasa percaya remaja pada ibu, merasa ibu menerima keberadaannya serta merasa ibu sensitif dan responsif. Populasi penelitian ini berjumlah 162 dan sampel 115 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Skala Ketidakpuasan Tubuh (41 aitem, α=0.942) dan Kelekatan Aman terhadap Ibu (32 aitem, α=0.954) digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis regresi sederhana, ditemukan bahwa kelekatan aman terhadap ibu memiliki hubungan negatif dengan ketidakpuasan tubuh remaja putri kelas X dan XI SMA PL Don Bosko Semarang (rxy=-0.471; p=0.000, p<0.05). Hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Variabel kelekatan aman terhadap ibu memberikan sumbangan efektif sebesar 22.1% terhadap ketidakpuasan tubuh, sedangkan 77.9% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diukur dalam penelitian ini.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:68161
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 Feb 2019 11:35
Last Modified:14 Feb 2019 11:35

Repository Staff Only: item control page