Hubungan Antara Konformitas Teman Sebaya dengan Perilaku Bullying pada Siswa Kelas XII SMK Teuku Umar Semarang

Adriel, Yuriko and Indrawati, Endang Sri (2018) Hubungan Antara Konformitas Teman Sebaya dengan Perilaku Bullying pada Siswa Kelas XII SMK Teuku Umar Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
179Kb

Abstract

Perilaku bullying merupakan perilaku kekerasan fisik, verbal, ataupun psikologis dan biasanya dilakukan secara berulang dari seseorang atau sekelompok orang yang lebih kuat terhadap seseorang atau sekelompok lebih lemah dengan tujuan menindas korban. Konformitas teman sebaya adalah sebuah upaya yang dilakukan individu agar diterima oleh orang lain, dengan cara menjadi apapun sebagaimana keinginan orang lain, termasuk mengubah keyakinan dan perilakunya serupa dengan orang lain walaupun perilaku sebenarnya berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konformitas teman sebaya dengan perilaku bullying pada siswa kelas XII SMK Teuku Umar Semarang. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Teuku Umar Semarang yang berjumlah 184 siswa dengan subjek penelitian sebanyak 123 siswa memakai teknik cluster random sampling. Penelitian ini memakai 2 skala sebagai alat ukur yaitu Skala Konformitas Teman Sebaya (25 aitem valid, α = 0,904) dan Skala Perilaku Bullying (23 aitem valid, α = 0,909). Dengan menggunakan analisis regresi sederhana maka terdapat hubungan positif hubungan positif yang signifikan antara konformitas teman sebaya dengan perilaku bullying (rᵪᵧ= 0,313; p=0,000). Semakin tinggi konformitas teman sebaya maka akan semakin tinggi pula perilaku bullying siswa. Begitupun sebaliknya, semakin rendah konformitas teman sebaya maka semakin rendah pula perilaku bullying siswa. Konformitas teman sebaya memberi sumbangan efektif sebesar 9,8% terhadap perilaku bullying. Kata Kunci: konformitas teman sebaya, perilaku bullying, siswa kelas XII

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:68160
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 Feb 2019 11:37
Last Modified:14 Feb 2019 11:37

Repository Staff Only: item control page