ANALISIS KETERSEDIAAN DAN PERUBAHAN LAHAN KOLAM IKAN KAWASAN MINAPOLITAN KECAMATAN KEDUNGBANTENG DAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS

SAUFI, AHMAD RIZKI (2018) ANALISIS KETERSEDIAAN DAN PERUBAHAN LAHAN KOLAM IKAN KAWASAN MINAPOLITAN KECAMATAN KEDUNGBANTENG DAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS. Undergraduate thesis, undip.

[img]
Preview
PDF (COVER)
59Kb
[img]
Preview
PDF (KATA PENGANTAR)
296Kb
[img]
Preview
PDF (DAFTAR ISI)
212Kb
[img]
Preview
PDF (ABSTRAK)
197Kb
[img]
Preview
PDF (BAB I)
1016Kb
[img]
Preview
PDF (BAB II)
704Kb
[img]PDF (BAB III)
Restricted to Repository staff only

1365Kb
[img]PDF (BAB IV)
Restricted to Repository staff only

8Mb
[img]
Preview
PDF (BAB V)
209Kb
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
199Kb
[img]
Preview
PDF (LAMPIRAN)
2859Kb

Abstract

ABSTRAK Kolam merupakan suatu perairan buatan yang luasnya terbatas dan sengaja dibuat manusia agar mudah dikelola dalam hal pengaturan air, jenis hewan budidaya dan target produksinya. Perubahan luasan kolam ikan dapat memberikan dampak positif maupun negatif. Perubahan yang terjadi tentu saja akan berpengaruh terhadap produksi ikan yang dihasilkan. Maka dari itu perlu adanya monitoring dan evaluasi untuk menjamin berjalannya pengembangan Kawasan Minapolitan sesuai dengan rencana dan peraturan yang berlaku. Tujuan dari penelitian ini terbagi menjadi 3 (tiga) yaitu mengetahui ketersediaan kolam ikan, perubahan yang terjadi dan pada akhirnya menghasilkan kesimpulan serta rekomendasi sesuai kondisi yang terjadi di Kecamatan Kedungbanteng dan Kecamatan Karanglewas tahun 2014-2018. Sesuai dengan tujuan, sasaran penelitian yang pertama adalah teridentifikasinya ketersediaan lahan kolam ikan. Sasaran kedua adalah teridentifikasinya perubahan fungsi lahan kolam ikan. Serta yang ketiga adalah teridentifikasinya rekomendasi yang sesuai. Terdapat 3 (tiga) analisis yang dilakukan yaitu analisis deskriptif ketersediaan lahan kolam ikan, analisis deskriptif perubahan lahan kolam ikan, dan analisis komparatif dan asumtif ketersediaan dan perubahan lahan kolam ikan. Analisis pertama menggunakan data citra satelit yang didigitasi sesuai batasan wilayah studi dan hasil temuan letak kolam sesuai observasi lapangan untuk mengetahui ketersediaan lahan kolam ikan. Analisis kedua menggunakan data sebaran kolam yang di overlay untuk mengetahui letak dan lokasi perubahan lahan kolam ikan. Lalu analisis ketiga menggunakan data ketersediaan dan perubahan lahan kolam ikan untuk dicari hubungan sebab dan akibat yang nantinya akan menghasilkan kesimpulan dan rekomendasi dari keseluruhan analisis. Pada tahun 2016 alih fungsi lahan kolam ikan di Kecamatan Kedungbanteng dan Kecamatan Karanglewas dapat disimpulkan menjadi 3 (tiga), yaitu pertama dari kolam ikan menjadi kawasan terbangun, lahan terbuka dan menjadi sawah atau sebaliknya. Sedangkan alih fungsi lahan pada tahun 2018 dapat disimpulkan menjadi 2 (dua), yaitu pertama dari kolam ikan menjadi kawasan terbangun dan menjadi sawah atau sebaliknya. Langkah yang perlu diambil dalam menyikapi perubahan lahan kolam ikan yaitu perlunya kontrol terhadap perubahan lahan kolam ikan dengan melaksanakan amanat dari produk hukum berkaitan dengan perlindungan terhadap lahan beririgasi. Kata kunci: Ketersediaan Lahan, Perubahan Lahan, Kolam Ikan, Banyumas.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Urban and Regional Planning
Faculty of Engineering > Diploma in Urban and Regional Planning
ID Code:67648
Deposited By:Ms Siti Sundari Vokasi
Deposited On:11 Dec 2018 10:06
Last Modified:11 Dec 2018 10:06

Repository Staff Only: item control page