ANALISIS PELAYANAN PASAR BANDARJO DAN RAMAI SWALAYAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG

WARDANI, ANNISA KUSUMA (2018) ANALISIS PELAYANAN PASAR BANDARJO DAN RAMAI SWALAYAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate thesis, undip.

[img]
Preview
PDF (COVER,ABSTRAK DLL)
25Mb
[img]
Preview
PDF (BAB I)
1655Kb
[img]
Preview
PDF (BAB II)
1809Kb
[img]PDF (BAB III)
Restricted to Repository staff only

3529Kb
[img]PDF (BAB IV)
Restricted to Repository staff only

10Mb
[img]
Preview
PDF (BAB V)
627Kb
[img]
Preview
PDF (LAMPIRAN LAMPIRAN)
234Kb

Abstract

ABSTRAK Kabupaten Semarang menjadi target pasar modern karena memiliki pangsa pasar yang luar biasa. Perkembangan pasar modern semakin meningkat di Kabupaten Semarang baik di pusat kota maupun di daerah perbatasan dengan sekitarnya. Pasar merupakan sarana pelayanan umum pemerintah daerah,sehingga pelayanan umum harus mampu melayani seluruh wilayah baik yang berada di pusat kota maupun wilayah sekitarnya. Salah satunya adalah Pasar Bandarjo yang letaknya berada pada perbatasan Kabupaten Semarang dan Kota Semarang. Dilihat dari segi letak Pasar Bandarjo dan Ramai Swalayan yang sangat berdekatan sehingga fenomena tersebut sangat menarik untuk diteliti lebih jauh. Berdasarkan uraian tersebut dirumuskan pertanyaan penelitian bagaimana pelayanan Pasar Bandarjo dan Ramai Swalayan. Dalam analisis pelayanan terdapat beberapa sasaran : analisis karakteristik pasar tradisional dan pasar modern, menentukan kondisi analisis asal wilayah dan asal pedagang, analisis selanjutnya adalah menganalisis preferensi konsumen dalam memilih lokasi berbelanja yang selanjutnya dilakukan analisis lokasi,jangkauan pelayanan pasar dan segmentasi masing-masing konsumen. Untuk mencapai sasaran-saran tersebut digunakan beberapa metode kuantitatif dengan alat bantu SPSS 22 yaitu metode statistik deskriptif (Distribusi frekuensi,analisis tabulasi silang dan analisis klaster) sedangkan untuk mengetahui jangkauan pelayanan digunakan metode spasial dengan alat bantu Arcgis 9.3 (Buffering). Penelitian ini menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu data primer dan sekunder untuk data primer yang dilakukan dengan observasi lapangan, kuesioner kepada pedagang dan pengunjung pasar, dan wawancara pihak yang terlibat. Data sekunder diperoleh dari tinjauan pustaka dan survei lembaga. Dari tahapan analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pelayanan Pasar Bandarjo dan Ramai Swalayan termasuk pelayanan lintas wilayah, jangkauan pelayanan lebih luas dari standar yang seharusnya. Dilihat dari aspek karakteristik konsumen berasal dari sekitar pasar dan swalayan, alasan dalam memlih lokasi belanja dipengaruhi oleh faktor dekat dengan rumah, kelengkapan barang, akses yang mudah, dan keterjangkauan harga,pekerjaan, pembeli mulai dari ibu rumah tangga hingga wirausaha. Berdasarkan faktor jangkauan pelayanan Pasar Bandarjo dan Ramai Swalayan saling overlap karena dipengaruhi oleh faktor karakteristik konsumen dan karakteristik lokasi. Dilihat dari segi segmentasi masing-masing pasar antara Pasar Bandarjo dan Ramai Swalayan berbeda yang dibagi menjadi 4 klaster yaitu klaster 1, klaster 2,klaster 3 dan klaster 4 dengan karakteristik yang berbeda. Kata Kunci : pasar modern, pasar tradisonal, pelayanan

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Urban and Regional Planning
Faculty of Engineering > Diploma in Urban and Regional Planning
ID Code:67640
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:11 Dec 2018 08:43
Last Modified:11 Dec 2018 08:43

Repository Staff Only: item control page