PENAMBAHAN LIMBAH KUBIS FERMENTASI DALAM PELLET CALF STARTER DAN PENGARUHNYA TERHADAP POPULASI BAKTERI DAN KEBERADAAN BAKTERI GRAM (Addition of Fermented Cabbage Waste on Pellet Calf starter and its Effect to Bacteria Population and Gram Bacteria Existence)

Mukodiningsih, Sri and Sulistiyanto, Bambang and Sholikhah, S.S. (2018) PENAMBAHAN LIMBAH KUBIS FERMENTASI DALAM PELLET CALF STARTER DAN PENGARUHNYA TERHADAP POPULASI BAKTERI DAN KEBERADAAN BAKTERI GRAM (Addition of Fermented Cabbage Waste on Pellet Calf starter and its Effect to Bacteria Population and Gram Bacteria Existence). In: SEMINAR NASIONAL.

[img]
Preview
PDF
149Kb

Abstract

Penelitian bertujuan untuj mengkaji pengaruh penambahan limbah kubis fermentasi dalam pellet calf starter dan pengaruhnya terhadap populasi total bakteri dan keberadaan bakteri gram positif dan gram negatif pada. Materi yang digunakan adalah calf starter yang terdiri dari jagung giling, bekatul, bungkil kedelai, mineral mix, molasses, dan limbah kubis fermentasi. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan yang digunakan T0 (100% calf starter), T1 (2% limbah kubis terfermentasi + 100% calf starter), T2 (4% limbah kubis terfermentasi + 100% calf starter), T3 (6% limbah kubis terfermentasi + 100% calf starter). . Parameter yang diamati adalah populasi bakteri dan keberadaan bakteri gram. Data populasi bakteri diolah menggunakan analisis deskriptif, sedangkan data keberadaan bakteri gram diolah menggunakan analisis ragam, kemudian dilanjutkan dengan uji Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa populasi bakteri tertinggi terdapat pada penambahan limbah kubis fermentasi 2%. Penambahan limbah kubis fermentasi tidak berpengaruh (p>0,05) terhadap keberadaan bakteri gram. Rataan skor keberadaan bakteri gram pada penambahan limbah kubis terfermentasi secara berturut – turut 0%, 2%, 4%, 6% adalah 1,99 ; 2,10 ; 2,29 dan 2,29. Hasil identifikasi bakteri gram, didapatkan semakin meningkat penambahan limbah kubis fermentasi, semakin meningkat bakteri gram positif. Disimpulkan bahwa pellet calf starter yang ditambah kubis fermentasi menghasilkan populasi bakteri tertinggi pada penambahan 2% dan terdapat bakteri gram positif hingga penambahan 6%. Kata kunci : pellet calf starter; fermentasi limbah kubis; populasi bakteri; bakteri gram

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:67575
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:06 Dec 2018 10:06
Last Modified:06 Dec 2018 10:06

Repository Staff Only: item control page