Hubungan Antara Perceived Organizational Support (POS) dan Komitmen Organisasi pada Guru di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) di Kabupaten Bekasi

Pangastuti, Rr. Nadia Kurnia and Sawitri, Dian Ratna (2018) Hubungan Antara Perceived Organizational Support (POS) dan Komitmen Organisasi pada Guru di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) di Kabupaten Bekasi. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF
293Kb

Abstract

Guru memiliki peranan yang amat penting dalam proses belajar mengajar. Tanggungan beban kerja yang tidak ringan sudah seharusnya membuat sekolah memberikan perhatian terhadap kesejahteraan guru, sehingga diharapkan guru menjadi kerasan untuk terus mengajar di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perceived organizational support (POS) dan komitmen organisasi pada guru Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) di Kabupaten Bekasi. Hipotesis dalam penelitian ini ada hubungan positif yang signifikan antara POS dengan komitmen organisasi. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SDIT di Kabupaten Bekasi yang telah mengajar selama minimal dua tahun dan sudah berstatus sebagai guru tetap sejumlah 215 orang. Sampel penelitian berjumlah 140 orang diperoleh dengan cluster random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala model Likert, yaitu Skala Komitmen Organisasi (32 aitem, α = 0,956) dan Skala Perceived Organizational Support (33 aitem, α = 0,966). Hasil uji korelasi Spearman menunjukkan terdapat hubungan positif yang signifikan antara POS dengan komitmen organisasi pada guru SDIT di Kabupaten Bekasi (rxy = 0,621; p < 0,001). Semakin tinggi POS, maka semakin tinggi komitmen organisasi. Kata kunci: perceived organizational support, POS, komitmen organisasi, guru

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:67362
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 Feb 2019 15:23
Last Modified:14 Feb 2019 15:23

Repository Staff Only: item control page