POTENSI EKSTRAK KASAR ALGA COKELAT (Sargassum sp) DAN DAUN TEH (Camellia sinensis) DALAM MENGHAMBAT OKSIDASI PADA UDANG VANNAMEI (Litopenaeus vannamei) SEGAR SELAMA PENYIMPANAN DINGIN ( Potential of Crude Extract of Brown Algae (Sargassum sp) and Tea Leaves (Camellia sinensis) for Inhibits Oxidation of Pasific White Shrimps (Litopenaeus vannamei) During Refrigerated Storage )

Azizah, Suci Kusumastuti Nur and Dewi, Eko Nurcahya and Fahmi, A. Suhaeli (2017) POTENSI EKSTRAK KASAR ALGA COKELAT (Sargassum sp) DAN DAUN TEH (Camellia sinensis) DALAM MENGHAMBAT OKSIDASI PADA UDANG VANNAMEI (Litopenaeus vannamei) SEGAR SELAMA PENYIMPANAN DINGIN ( Potential of Crude Extract of Brown Algae (Sargassum sp) and Tea Leaves (Camellia sinensis) for Inhibits Oxidation of Pasific White Shrimps (Litopenaeus vannamei) During Refrigerated Storage ). Saintek Perikanan [Indonesian Journal of Fisheries Science and Technology (IJFST)], 13 (1). pp. 45-51. ISSN 1858-4748

[img]
Preview
PDF (Artikel Jurnal)
723Kb
[img]
Preview
PDF (Peer review)
1273Kb

Official URL: http://ejournal.undip.ac.id/index.php/saintek

Abstract

Penggunaan antioksidan menggunakan bahan alami bertujuan untuk menghambat oksidasi dan memperpanjang masa simpan. Salah satu potensi rumput laut cokelat dan teh yaitu mempunyai kandungan fenol dan flavonoid yang bersifat antioksidan. Produk hasil perikanan seperti udang cepat mengalami proses kemunduran mutu karena kandungan air dan proteinnya yang tinggi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui potensi alga cokelat (Sargassum sp) dan daun teh (Camellia sinensis) dalam menghambat oksidasi pada udang vannamei (Litopenaeus vannamei) selama penyimpanan dingin. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah alga cokelat, daun teh, dan udang vannamei. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) pola faktorial. variabel yang diamati adalah nilai Angka Peroksida (PV), Thiobarbituric Acid (TBA), Total Volatil Base Nitrogen (TVBN), dan nilai organoleptik. Ekstrak alga cokelat memiliki senyawa fenol dan flavonoid berturut-turut sebesar 1,81% dan 0,102% dengan IC50 sebesar 98,236 ppm. Ekstrak daun teh memiliki senyawa fenol dan flavonoid berturut-turut sebesar 0,867% dan 0,042% dengan IC50 sebesar 122,673 ppm. Hasil uji untuk melihat tingkat oksidasi lemak yaitu Peroksida Value dan Thiobarbituric Acid menunjukkan ekstrak alga cokelat dan ekstrak daun teh memberikan pengaruh nyata dan dapat menghambat oksidasi pada udang vannamei hingga hari ke – 12. Hasil uji TVBN dan nilai organoleptik menunjukkan ekstrak alga cokelat memberikan pengaruh yang lebih tinggi daripada ekstrak daun teh.

Item Type:Article
Uncontrolled Keywords:brown algae (Sargassum sp.), tea leaves, shrimp, oxidation, antioxidants
Subjects:S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Fisheries
ID Code:67326
Deposited By:Mr. Sugeng Priyanto
Deposited On:29 Nov 2018 14:57
Last Modified:29 Nov 2018 14:57

Repository Staff Only: item control page