ANALISIS INVENTARISASI MASALAH DAN PENGEMBANGAN SOLUSI DALAM PENGEMBANGAN PERIKANAN ARTISANAL DI PANTAI KEDONGANAN BALI (Problem Inventory Analysis and Solution to Artisanal Fisheries Development in Kedonganan Beach Bali)

Wijayanto, Dian and Huda, Muhammad Nurul and Yanuartoro, Ricky (2015) ANALISIS INVENTARISASI MASALAH DAN PENGEMBANGAN SOLUSI DALAM PENGEMBANGAN PERIKANAN ARTISANAL DI PANTAI KEDONGANAN BALI (Problem Inventory Analysis and Solution to Artisanal Fisheries Development in Kedonganan Beach Bali). Saintek Perikanan [Indonesian Journal of Fisheries Science and Technology (IJFST)], 11 (1). pp. 17-25. ISSN 1858-4748

[img]
Preview
PDF (Artikel jurnal)
221Kb
[img]
Preview
PDF (Hasil Cek Turnitin)
3687Kb
[img]
Preview
PDF (Peer review)
58Kb

Official URL: http://ejournal.undip.ac.id/index.php/saintek

Abstract

Pantai Kedonganan merupakan salah satu fishing base nelayan perikanan artisanal di Kabupaten Badung, Bali. Perkembangan perikanan artisanal di Pantai Kedonganan semakin terdesak oleh perkembangan pariwisata. Oleh karena itu, perlu dilakukan kajian mengenai pengembangan perikanan tangkap artisanal di sekitar Pantai Kedonganan melalui proses analisis inventarisasi permasalahan dan pengembangan alternatif solusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji karakteristik usaha perikanan tangkap, inventarisasi masalah yang dialami para pelaku perikanan tangkap dan solusi untuk pengembangan perikanan tangkap di Pantai Kedonganan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Analisis data dilakukan melalui analisis nilai penting dan nilai kondisi sekarang dari key factors terpilih, dan selanjutnya dilakukan pemetaan key factors yang prioritas untuk dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha perikanan dengan fishing base di Pantai Kadonganan merupakan usaha perikanan artisanal yang bersifat one day fishing dan secara dominan menggunakan perahu motor tempel dengan alat tangkap gill net dan pancing. Faktor yang perlu mendapatkan prioritas ditingkatkan dalam pengembangan perikanan artisanal di Pantai Kedonganan adalah (a) teknologi penanganan ikan, (b) dukungan lembaga keuangan penyedia modal, (c) sinergisitas kepentingan pemangku kepentingan, (d) dukungan politik, (e) potensi sumberdaya ikan, (e) teknologi penangkapan ikan, (f) potensi pasar industri pengolahan ikan, (g) modal pelaku perikanan tangkap, dan (h) regulasi pendukung perikanan tangkap. Selain itu, perikanan artisanal dan pariwisata bahari dapat bersinergi, terutama untuk pengembangan wisata kuliner.

Item Type:Article
Uncontrolled Keywords:Analisis Inventarisasi Masalah, Pemetaan Prioritas, Perikanan Artisanal, Pantai Kedonganan
Subjects:S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Fisheries
ID Code:67186
Deposited By:Mr. Sugeng Priyanto
Deposited On:28 Nov 2018 12:17
Last Modified:05 Jul 2019 11:08

Repository Staff Only: item control page