Hubungan antara Kontrol Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Pemain Game Online di Game Center X Kota Semarang

Fithrianzah, Muhammad Afniz Julian and Indrawati, Endang Sri (2018) Hubungan antara Kontrol Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Pemain Game Online di Game Center X Kota Semarang. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF
327Kb

Abstract

Prokrastinasi akademik adalah perilaku buruk dan menjadi salah satu masalah yang dirasakan oleh mahasiswa karena menghambat tujuan belajar serta turunnya prestasi akademik di perkuliahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa pemain game online di Kota Semarang. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa yang bermain game online di Game Center X Kota Semarang minimal 10 jam dalam satu minggu, berstatus sebagai mahasiswa aktif tingkat strata satu (S1) di universitas, serta berusia 18 tahun sampai 25 tahun. Sampel penelitian ini berjumlah 90 orang dengan menggunakan teknik convenience sampling. Pengumpulan data penelitian menggunakan Skala Prokrastinasi Akademik (38 aitem, α = 0,94) dan Skala Kontrol Diri (26 aitem, α = 0,88). Hasil analisis regresi menunjukkan nilai koefisien korelasi (rxy) sebesar -0,510 dengan p = 0,00 (p < 0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti, yaitu terdapat hubungan negatif yang signifikan antara kontrol diri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa pemain game online di Game Center X Kota Semarang dapat diterima. Nilai koefisien korelasi negatif menunjukkan arah hubungan kedua variabel adalah negatif, yang berarti semakin tinggi kontrol diri maka semakin rendah prokrastinasi akademik.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:67183
Deposited By:Ms Siti Yuanah Psikologi
Deposited On:28 Nov 2018 10:02
Last Modified:28 Nov 2018 10:02

Repository Staff Only: item control page